PLN Lakukan Penguatan Sistem Kelistrikan Jawa Tengah Lewat SUTT 150 kV Kesugihan – Gombong

Kelistrikan Jawa Tengah
dok Humas PLN
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – PT PLN (Persero) terus melakukan penguatan sistem kelistrikan termasuk kepada sistem yang sudah beroperasi. Terbaru, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) berhasil menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring atau penggantian kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Kesugihan – Gombong.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menjelaskan penggantian kabel ini akan berdampak pada kenaikan kapasitas arus yang semula 600 Ampere dan mampu membawa daya sebesar 124 Mega Watt (MW) menjadi 1200 Ampere sehingga mampu membawa daya hingga 249 MW. Menurutnya, dampak dari peningkatan kapasitas tersebut akan semakin memperkuat sistem kelistrikan daerah yang disuplai.

PLN menganggarkan Rp 121 Milyar untuk melaksanakan pekerjaan rekonduktoring SUTT 150 kV Kesugihan – Gombong. Jalur transmisi kelistrikan ini terdiri dari 101 Tower yang membentang sepanjang 89,24 kilometer sirkit (kms) mulai dari Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen hingga Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Proyek ini juga mampu menyerap 157 tenaga lokal dengan tingkat TKDN mencapai 87,69%.

Baca Juga:Arief Rachman Dapat Dukungan dari Barisan Muda Relawan ArahmanPLN Gandeng 2 Perusahaan Listrik Malaysia Kembangkan Sistem Interkoneksi Antar Negara

“Jalur transmisi ini juga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan hingga Kabupaten Wates, Yogyakarta dimana terdapat Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Untuk saat ini, 1 line sudah berhasil diselesaikan, line ke 2 berikutnya kami targetkan dapat selesai di bulan November depan,“ ungkap Djarot.

Jalur transmisi SUTT 150 kV Kesugihan – Gombong memasok daya di kawasan Rawalo, Purbalingga, Mrica, Wonosobo, Wadaslintang, Purworejo, Kebumen, Gombong dan Kesugihan. Penguatan sistem kelistrikan ini menjadi wujud dari komitmen PLN untuk mengutamakan kebutuhan serta kepuasan pelanggan.

0 Komentar