Upacara Puncak Peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM R.I (Hari Dharma Karya Dhika/ HDKD) Ke-78 Tahun 2023

Upacara Puncak Peringatan
Kakanim Cianjur Mengikuti Upacara Puncak Peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM R.I
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Berbeda dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemenkumham pada tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Hari Kemenkumham atau dikenal dengan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) pada Kanwil Kemenkumham Jabar pada tahun 2023 dilangsungkan dengan cukup megah dan meriah dengan mengambil tempat di Lapangan Gasibu Kota Bandung, tempat yang dianggap prestisius bagi masyarakat Jawa Barat dengan menghadirkan Gubernur Jawa Barat sebagai Inspektur Upacara, Senin, 21 Agustus 2023.

Perjalanan Panjang Kemenkumham tidak lepas dari perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Jejak digital menyebutkan bahwa dinamika Kementerian Hukum dan HAM diawali pada kabinet pertama yang dipimpin Presiden Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta pada Masa Perang Kemerdekaan (1945-1949), selanjutnya pada masa Demokrasi Parlementer (1949-1959), masa Demokrasi Terpimpin (1959-1968), masa Orde Baru (1968-1998) dan masa Reformasi (1998- sekarang), dari awal pembentukan Kementerian sampai dengan saat ini telah dipimpin sebanyak 42 Menteri serta telah mengalami 5 (lima) kali perubahan nomenklatur.

Upacara Peringatan Hari Kemenkumham telah mengalami pergeseran yang sebelumnya selalu diperingati di tanggal 30 Oktober berubah menjadi tanggal 19 Agustus. Penetapan tanggal 19 Agustus sebagai Hari Kemenkumham merupakan upaya Kemenkumham dalam mengembalikan kembali sejarah yang benar setelah melalui serangkaian kajian dan penelitian yang dilakukan serta bukti-bukti autentik yang menunjukkan secara pasti kelahiran Kementerian Hukum dan HAM RI.

Baca Juga:Siaga Kelistrikan, PLN Siap Sukseskan Rangkaian HUT ke-78 RI dengan Kualitas Listrik TerbaikMeriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke-78, Pegawai Kantor Imigrasi Cianjur Antusias Ikuti Lomba Agustusan

Mengusung tema “Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju” menjadi semangat dalam meyakinkan publik bahwa Kemenkumham semakin berkualitas serta berkomitmen untuk mendukung agenda nasional guna mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dalam Laporannya, Kakanwil Kemenkumham Jabar R. Andika Dwi Prasetya menyampaikan bahwa Bahwa upacara peringatan hari ulang tahun Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI Ke-78 yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Jawa Barat.

“Kami beri nama “UPACARA SINERGITAS PARA JUARA”. Terkandung makna bahwa upacara ini adalah wahana bagi kami untuk membangun komunikasi, koordinasi hingga elaborasi dengan sesama penyelenggara pemerintahan untuk menunjang keberhasilan tugas.”ujarnya.

Upacara Hari Kemenkumham Tahun 2023 di Jawa Barat ini melibatkan sebanyak kurang lebih 2.050 orang terdiri dari seluruh Pegawai Kanwil Kemenkumham Jabar dan Perwakilan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Jawa Barat dan Taruna Poltekip dan Poltekim, Polda Jawa Barat, Kodam III/ Siliwangi, Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Satpol PP Kota Bandung, Dinas Kebakaran Jabar, Notaris, Permahi, Forum Pelajar Sadar Hukum, Yayasan Air. Turut hadir, Pinisepuh Pengayoman, Stakeholder dan Tamu Undangan lainnya.

0 Komentar