Tips Hadapi Polusi Ekstrem, Konsumsi Makanan Ini Agar Paru-paru Tetap Sehat

Tips menjaga kesehatan paru-paru di tengah polusi ekstrem Jakarta
Tips menjaga kesehatan paru-paru di tengah polusi ekstrem Jakarta
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Memburuknya udara di Kota Jakarta dan sekitarnya menjadi perbincangan hangat di media sosial. Kondisi ini tidak bisa dianggap remeh, karena kualitas udara tersebut bisa mengganggu kesehatan paru-paru.

Memelihara kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga fungsi pernapasan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Terlebih saat menghadapi udara buruk seperti saat ini.

Selain menggunakan masker saat keluar rumah, ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Apa saja? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 3 Tempat Makan Populer Di Cianjur yang Menggugah Selera

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

1.Buah-buahan beri

Baca Juga:Cek Spesifikasi Gahar Xiaomi Redmi K60 Ultra RAM 24 GB Harga Rp5 JutaanDaftar Harga Motor Listrik Bersubsidi Agustus 2023, Cuma Rp5 Jutaan

Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung antioksidan tinggi, seperti vitamin C dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan vitamin K, asam folat, dan antioksidan seperti beta-karoten. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko penyakit pernapasan.

3. Jeruk dan citrus lainnya

Jeruk, lemon, limes, dan jenis buah citrus lainnya mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga integritas sel-sel paru-paru.

4. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan fungsi paru-paru.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Ini dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan.

6. Tomat

Tomat kaya akan likopen, sebuah antioksidan yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit pernapasan dan kanker paru-paru.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang polong mengandung serat, protein, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan paru-paru.

8. Minyak zaitun

Baca Juga:Intip Spesifikasi Motor Listrik Uwinfly T3 Ala Vespa Matic Eropa, Rp9 Jutaan!Polytron Fox R Motor Listrik Gambot Miliki Fitur Keren Cuma Rp20 Juta

Minyak zaitun ekstra virgin mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu melindungi paru-paru dari peradangan dan kerusakan sel.

9. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, suatu jenis senyawa antioksidan, yang telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan paru-paru.

10. Air putih

Memastikan Anda terhidrasi dengan baik sangat penting untuk menjaga lendir dalam saluran pernapasan tetap tipis, membantu dalam proses pernapasan.

0 Komentar