Diskominfo Jabar Diseminasi Aplikasi Sapawarga

Diskominfo Jabar Diseminasi Aplikasi Sapawarga
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jabar menggelar Forum Diseminasi dan Diskusi Ketua RW untuk Pengembangan Aplikasi Sapawarga, Senin (17/7/2023).

Diseminasi diselenggarakan di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung untuk membangun komunikasi yang lebih terpadu dengan para Ketua Rukun Warga (RW) di Kota Bandung.

Pada era industri 4.0 mengharuskan setiap orang menggunakan teknologi dalam kesehariannya. Hal ini secara tidak langsung memaksa badan pemerintahan turut memanfaatkan teknologi dan hadir secara digital dalam kehidupan warga.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Dukung Cirebon Melalui Bankeu ProvinsiResmikan Gedung Graha Bakti Himpaudi Jabar, Atalia: Ruang Aspirasi Pendidik Anak Usia Dini

Di Jabar sendiri, kehadiran digital dari badan pemerintahan tersebut telah tercermin dari adanya berbagai _website_ maupun aplikasi digital layanan publik dari berbagai perangkat daerah.

Sebagian besar _website_ dan aplikasi digital layanan publik pada dasarnya bertujuan menampilkan berbagai informasi dan layanan yang ditawarkan organisasi terkait.

Namun demikian, berbagai variasi nomenklatur, standar tata letak, strategi navigasi, serta penggunaan teknologi yang berbeda seringkali justru mengaburkan tujuan utama yang ingin dicapai. Tak jarang membuat masyarakat kebingungan.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi sehingga baik pemerintah maupun masyarakat, dapat memberikan dan mengakses informasi dan layanan publik secara transparan dan mudah.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan Sapawarga Jabar Super Apps (JSA), telah bertransformasi. Pada awal penggunaan aplikasi hanya diperuntukkan bagi ketua RW, kini berubah menjadi platform yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, layanan, serta menyampaikan aspirasi.

“Sebelumnya digunakan oleh Ketua RW, sekarang sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara luas. Saat ini, Sapawarga Jabar Super Apps telah bekerja sama dengan berbagai Perangkat Daerah dalam menghadirkan berbagai fitur guna memudahkan kebutuhan masyarakat seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor, layanan PPDB, informasi vaksin, dan aduan publik,” ujar Ika.

Optimalisasi pengembangan dan implementasi fitur kegiatan RW pada aplikasi Sapawarga sebagai Pusat Kanal Informasi dan Transaksional Layanan Publik Jawa Barat diperlukan koordinasi dan kolaborasi yang sinergi antara UPTD dan kelurahan serta ketua RW.

0 Komentar