Keunggulan LiFi Dibandingkan dengan WiFI, Lebih Cepat dan Aman?

Keunggulan LiFi
Keunggulan LiFi
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Saat ini jaringan internet menjadi salah satu yang tidak bisa terpisahkan dalam hidup. Umumnya seluruh dunia mengenal  Wi-Fi, namun kini muncul teknologi baru bernama LiFi yang diklaim lebih unggul.

Pasalnya Lifi merupakan koneksi nirkabel revolusioner yang bisa sampai 100 kali lebih cepat dari WiFi. Dengan menggunakan LED untuk mengirimkan data, LiFi berbasis cahaya bukan gelombang radio, untuk mengirimkan informasi.

Berkat pancaran cahaya yang digunakan, LiFi memiliki kecepatan mengunduh mencapai 224Gbps. Latensinya  juga sangat minim, karena menggunakan cahaya.

Baca Juga:Mengenal Apa itu LIFI? Konektivitas yang Akan Salip WIFITayang 26 Juli, Link Nonton Detective Conan Black Iron Submarine, KLIK DISINI!

Apa Itu LiFi

LiFi adalah teknologi jaringan optik nirkabel yang menggunakan LED untuk mengirimkan data. Pada dasarnya, LiFi adalah WiFi berbasis cahaya yang menggunakan cahaya, bukan gelombang radio, untuk mengirimkan informasi.

Pendekatan ini memberikan beberapa keuntungan, seperti kemampuan untuk bekerja di area yang rentan terhadap interferensi elektromagnetik, seperti rumah sakit dan kabin pesawat, serta kemampuan untuk beroperasi pada bandwidth yang lebih tinggi sambil memberikan kecepatan transmisi yang lebih cepat.

Keunggulan LiFi

  •  Lebih sedikit gangguan, dapat melewati air laut yang asin, bekerja di wilayah yang padat
  • Digunakan di maskapai penerbangan, eksplorasi bawah laut, ruang operasi di rumah sakit, kantor dan rumah untuk transfer data dan penelusuran internet
  • Jarak jangkauan Sekitar 10 meter
  • Bekerja di lingkungan dengan kepadatan tinggi
  • Tidak memiliki masalah interferensi yang mirip dengan gelombang frekuensi radio.
  • LiFi mentransmisikan data menggunakan sumber cahaya (saat ini lampu LED)
  • Dengan LiFi, cahaya diblokir oleh dinding dan karenanya akan memberikan transfer data yang lebih aman

Kelemahan

Melihat data di atas, kelemahan terbesar dari teknologi LiFi adalah jarak jangkauannya. Karena cahaya tidak dapat melewati dinding, jangkauan sinyal dibatasi oleh penghalang fisik.

LiFi mungkin bukan pengganti teknologi WiFi dalam waktu dekat. Sebaliknya, itu adalah pendamping yang luar biasa untuk itu. Dengan memposisikan LiFi sebagai teknologi pelengkap WiFi, teknologi yang menjanjikan ini akan meningkatkan konektivitas nirkabel.

Demikian informasi mengenai keunggulan LiFi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar