Dorong Ide Segar Anak Muda, Ridwan Kamil Resmi Membuka Pasar Kreatif Jabar

Pasar Kreatif Jabar
Pasar Kreatif Jabar
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Gubernur Jabar Ridwan Kamil, secara resmi membuka Pasar Kreatif Jawa barat yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Kota Bandung. Pasar ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta pelaku usaha kreatif.

Ridwan Kamil mengungkapkan, dengan dibukanya Pasar Kreatif atau bisa juga disingkat PARK Jawa Barat di Wilayah Kota Bandung, diharapakan menjadi ladang ekonomi bagi para pelaku UMKM dan ajang kreatifitas para seniman muda.

“Hari ini mengawali sebuah visi, karena Jabar ingin terdepan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri terkait produk-produk ekonomi kreatif. Oleh karena itu, sebuah tempat di Wilayah Bandung miliki tanah Jabar ini, dijadikan Pasar Kreatif yang bentuknya bukan gedung superit mal namun kawasan yang unik yang terbuka bagi siapapun,” ungkapnya, Jum’at (7/7).

Baca Juga:Speaker Bluetooth di Bawah Rp1Juta Emang Ada? Cek Disini!5 Speaker Portable untuk Senam, Bass Kuat dan Baterai Tahan Lama!

Nantinya semua produk yang ditawarkan dalam pasar tersebut merupakan hasil produk lokal. Sebab Ridwan Kamil menginginkan produk yang berasal dari gagasan dan kreatifitas anak-anak muda Jawa Barat.

Selain itu pasar ini bisa menjadi ajang inspirasi dan pertukaran ide antara para pelaku usaha kreatif di Jawa Barat. Gunanya untuk memperluas ide dan jangkauan pasar serta meningkatkan eksposur produk.

Kang Emil menambahkan, pembangunan kawasan Pasar Kreatif ini baru berjalan di tahap pertama dan akan diteruskan oleh Penjabat (PJ) Gubernur, hingga akhirnya dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jaswita.

“Ini baru tahap satu sesuai anggarannya, nanti diteruskan sampai tahap-tahap selanjutnya sampai semuanya nanti 27 kota kabupaten punya perwakilan dengan merek-merek lokalnya, sehingga akhirnya menjadi tuan rumah di negri sendiri dan Jabar Merdeka jadi produk-produk asing,” ujarnya

Emil juga mengungkapkan adanya Pasar Kreatif Jawa Barat ini juga, diharapakan menjadi suatu contoh atau motivasi kota kabupaten lainnya dalam menggeliat ekonomi UMKM.

“Kita melihat ekonomi kreatif ini adalah andalan Jabar di masa depan, dan juga karena berbasis gagasan dimana orang Jabar rata-rata kreatif. Sehingga ini tempatnya sudah sangat pas dan mudah-mudahan sukses di tahap berikutnya,” ungkapnya. “Jadi selain dikembangkan ke belakang, (Pasar Kreatif Jawa Barat) ini, kita motivasi kota kabupaten untuk mempunyai skala kecil oleh kebijakan Bupati walikota nya masing-masing,” pungkas Kang Emil.

0 Komentar