Yuk SImak! Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis
Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis
0 Komentar

CIANJUREKSPRESOli gardan pada sepeda motor matic habis dapat membuat kinerja bagian transmisi seperti gear dan bearing tidak optimal dan berakibat muncul suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Oleh karena itu, pemilik motor matic perlu mengetahui ciri-ciri oli gardan motor matic habis.

Pelumas tambahan yang disebut dengan oli gardan atau oli transmisi matic ini memang dibutuhkan oleh kendaraan berkopling kering yang bertugas untuk melumasi khusus bagian transmisi matic.

Berbeda dengan motor manual yang hanya membutuhkan oli mesin, pada kendaraan matic terdapat oli gardan yang juga harus secara rutin diganti. Interval penggantiannya memang lebih lama jika dibandingkan dengan oli mesin.

Baca Juga:3 Tips Memilih Motor Listrik Dengan MudahSepeda Motor Listrik Honda U-GO Harga Ekonomis di Jamin Puas!

Mengutip Suzuki, selain menimbulkan suara bising, masih ada beberapa ciri lainnya yang menandakan bahwa oli gardan harus segera diganti. Berikut daftarnya.

Muncul suara bising

Ciri oli gardan motor matic habis yang pertama adalah munculnya suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Letak box CVT ada di gardan atau roda belakang motor matic.

Suara yang timbul seperti berdecit atau berderit, bahkan ada yang sangat berisik sampai terdengar suara kletek-kletek saat motor dikendarai.

Munculnya suara bising ini dikarenakan fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental atau mulai terlihat encer. Ketika daya lumas oli gardan berkurang, fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental atau mulai terlihat encer.

Saat daya lumas oli gardan berkurang, secara otomatis gesekan yang terjadi antarkomponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan antarkomponen gear ini yang akhirnya memunculkan suara bising.

Motor bergetar

Ciri oli gardan motor matic habis lainnya adalah ketika tiba-tiba motor bergetar di bagian bodi dan setang motor.

Tidak hanya itu, kendaraan matic tersebut juga mengeluarkan suara kasar saat dikendarai, terutama ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika hal ini terjadi, segera cek level oli gardan motor matic, apakah masih berada di level aman atau tidak.

0 Komentar