Menjelang Idul Adha, Harga Cabai Tanjung Melambung, Bupati: Inflsi Turun Dua Poin Dari Asalnya 4,7 Menjadi 4,5

Harga Sayuran Kembali Anjlok, Petani: Sekarang Lesu Lagi
MENURUN: Pedagang sayuran di Pasar Cipanas saat melayani konsumen. Sejumlah sayuran mengalami MERANGKAK NAIK: Sejumlah komoditi di pasar tradisional menjelang Idul Adha mengalami kenaikan. Diantaranya harga daging ayam, bahkan harga cabai tanjung tembus Rp80 ribu per kilogram. (FOTO: DOK)
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Bupati Cianjur Herman Suherman menyebut inflasi turun dua poin dari asalnya 4,7 menjadi 4,5. Namun menjelang Idul Adha harga cabai, telur dan daging ayam mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Jadi saya tadi pagi rapat khusus memantau inflasi di Kabupaten Cianjur, kabar gembira inflasi di Kabupaten Cianjur yang asalnya 4,7 turun menjadi 4,5. Ini tentunya atas kepercayaan kita bersama antara steak holder yang terkait,” kata dia kepada wartawan, kemarin (26/6).

Namun, lanjut Herman, menjelang lebaran idul Adha ada beberapa komoditi yang naik signifikan, terutama di cabai tanjung.

Baca Juga:Lima Pelaku Tawuran Pelajar Bersajam Diamankan Polisi, Dua Pelaku Masih DiburuRatusan Orang Tua Siswa Diberikan Pembekalan untuk Awasi Anak

“Cabai tanjung yang semula Rp35 ribu sekarang sudah mencapai Rp80 ribu. Karena pasokannya berkurang. Walaupun tadi saya tanya marema belum begitu, tapi pasokan kurang sehingga harga menjadi naik,” kata Herman.

Herman melanjutkan, selanjutnya kenaikan juga terjadi pada daging ayam yang asalnya Rp27 ribu sekarang mencapai Rp45 ribu. “Ketiga telur juga naik Rp4 ribu,” kata dia.

Menganggapi naiknya berbagai kebutuhan menjelang lebaran Idul Adha, Pemkab Cianjur akan menggelar pasar murah pada Selasa (27/6/2023) di lingkungan Pendopo Cianjur.

“Solusinya Insya Allah pemerintah kabupaten Cianjur besok kita akan mengadakan pasar murah. Khusus untuk daging kita jual Rp90 ribu, di pasar Rp140 ribu, terus cabai juga Insya Allah besok kita akan suplay cabai tanjung ada dari Cipanas dan Sukaresmi, kita akan drop,” katanya.

“Dan juga ayam Insya Allah kepala dinas peternakan hari ini akan dikasih. Karena dari peternakan murah, tapi di perjalanannya menjadi naik. Sehingga besok harga-harga yang naik di pasar kita akan gelar di halaman Pemda Cianjur,” tambah Herman.

Herman mengungkapkan, pasar murah di gelar dalam rangka mengendalikan harga yang di Cianjur inflasi sudah bagus kita ingin lebih bagus lagi.

“Besok (hari ini, red) di lapangan Pemda Cianjur, kita akan undang para petani, peternak untuk bersama-sama. Terutama UMKM, bewara untuk masyarakat Cianjur besok kunjungi pasar rakyat yang ada di Pendopo,” katanya.

0 Komentar