Kuliner Khas Banda Neira yang Unik dan Sedap!

Kuliner Khas Banda Neira
Doc : Kuliner Khas Banda Neira
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Banda Neira merupakan sebuah pulau di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Pulau ini memiliki keindahan alamnya yang memukau dan sejumlah bangunan bersejarah. Tak heran kalau kerap menjadi destinasi wisata impian banyak orang sampai Sutan Syahrir mengungkapkan melalui kata-kata yang sedang nge-tren di sosmed yaitu “jangan mati sebelum ke Banda Neira”.

Selain keindahan alam dan latar belakang sejarahnya, Banda Neira juga memiliki Makanan Khas lezat yang patut wisatawan cicipi. Mulai makanan berbahan ikan, pala, hingga kenari.

BACA JUGA :

Fakta Banda Neira yang Wajib Kamu ketahui!

Makanan Khas Banda Neira yang Wajib Cicipi

1. Ikan kuah pala

Olahan ikan memang tak bisa lepas dari kuliner khas daerah di Indonesia timur, termasuk di Banda Neira. Wisatawan bisa mencicipi ikan kuah pala yang terbuat dari ikan tenggiri, cakalang, dan tongkol. Kemudian, menyajikannya dengan kuah pala dan air asam. Jadi, rasanya gurih, sedikit pedas, dan asam.

Baca Juga:Fakta Banda Neira yang Wajib Kamu ketahui!Banda Neira bak ‘Surga’ di Dunia

2. Ulang-ulang

Kalau di Jawa ada pecel, gado-gado, dan lotek, Banda Neira punya ulang-ulang. Makanan khas tersebut berbahan sayuran segar, seperti kangkung, kacang panjang, terung, taoge, wortel serta mentimun. Menyajikannya dengan bumbu kacang kenari yang dihaluskan bersama terasi, cabai, garam dan cuka. Memakan ulang-ulang biasanya sebagai pendamping nasi. Biasanya ditambah dengan daun pepaya, dan ikan bakar sebagai pelengkapnya. Tertarik untuk mencicipinya?

3. Bakasang

Bakasang dapat wisatawan temui di Banda Neira, Ambon, hingga Manado. Makanan satu ini terbuat dari isi perut ikan yang telah dibersihkan, lalu dihaluskan bersama bumbu lainnya. Setelah itu, menaburinya dengan garam lalu menjemurnya sekitar semingguan dan menyimpannya di dalam stoples. Menghidangkan bakasang sebagai sambal dan menambahnya dengan nasi dan ikan. Wisatawan juga bisa menjadikannya sambal cocol saat menyantap buah dan lalapan.

4. Tumis terung saus kenari

Mau mencicipi olahan terung yang unik? Ada tumis terung saus kenari, makanan khas Banda Neira. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari terung yang dibalur telur, lalu digoreng hingga matang. Kemudian, dimasak dengan bumbu yang berupa bawang merah, bawang putih, cabai, merica, dan kacang kenari yang telah dihaluskan. Setelah matang, kamu bisa menyantapnya bersama nasi.

0 Komentar