Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Wajib Diketahui!

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Wajib Diketahui!
Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Wajib Diketahui!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Selain sholat ied di hari raya haji atau Idul Adha, amalan lainnya yang dapat di lakukan adalah menyembelih hewan kurban. Namun tentunya dalam proses penyembelihannya pun tidak sembarangan dilakukan, ada tata cara yang harus di perhatikan dan tidak boleh di abaikan.

4 Rekomendasi Menu Indonesia Edisi Lebaran Idul Adha

1. Alat Sembelihan Tajam

Pada saat menyembelih hewan kurban harus menggunakan alat penyembelih yang tajam, lalu memotong tenggorokan dan dua urat nadi yang ada di leher hewan kurban. Sebagaimana yang di anjurkan Rasulullah SAW. Di riwayatkan oleh Syaddad ibn Aus Radhiyallahu anhu Rasulullah SAW bersabda,

“Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan dalam segala hal. Ketika kamu membunuh, maka lakukanlah dengan cara yang baik, dan ketika kamu menyembelih, maka lakukanlah dengan cara yang baik, serta pastikan pisau yang digunakan tajam, dan tenangkan hewan yang akan disembelih.” (HR Muslim)

Baca Juga:Wajib Tahu! Doa Menyembelih Hewan Kurban pada saat Idul Adha!Sinopsis Serial Thailand Home School Episode 4, Tayang di Viu!

2. Menghadap Kiblat

Hewan kurban yang akan di sembelih harus dalam posisi menghadap ke arah kiblat. Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang hendak menyembelihnya. Sedangkan untuk posisinya, hewan harus di baringkan dengan bagian lambung hewan sebelah kiri ada di bagian atas.

Jelang Idul Adha 2023, Harga Cabai dan Telur Melonjak

3. Awali dengan membaca Basmallah

Seperti yang diketahui, ada banyak hewan halal yang bisa di konsumsi umat muslim. Namun, jika dalam proses penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat islam, maka hewan yang awalnya halal bisa berubah menjadi haram untuk di konsumsi.

0 Komentar