Bikin Tercengang, Koin Melati 1991 Bisa Beli Moge Harley Davidson?

Koin Melati Bisa Beli Moge
illustrasi : MotoGrid
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Salah satu uang kuno yang cukup banyak meilirik kalangan kolektor yaitu uang koin Rp500 gambar melati. Karena warnanya seperti emas jadi banyak yang membuatnya jadi cincin dan menarik karena seperti logam mulia itu.

BACA JUGA :

Wow Koin Bergambar Presiden Soeharto Bisa Kebeli Ninja 250!

Beredar informasi uang Rp 500 keluaran tahun 1991 memiliki kandungan emas.

Benarkah Koin Melati mengandung emas ?

Dilansir dari laman resmi KOMIINFO, Faktanya menurut Kepala Departemen Cetak Uang Logam dan Logam Non Uang Peruri, Purwanto itu merupakan alumunium brown sehingga tidak mudah berubah warna dan tidak mengandung emas.

Sedangkan mengutip dari laman resmi Twitter Bank Indonesia, disebutkan isu yang mengatakan uang logam Rp 500 mengandung emas adalah hoaks.

Baca Juga:Dukung Kesetaraan Gender, PLN Berikan Pelatihan UMKM Bagi WanitaWow Koin Bergambar Presiden Soeharto Bisa Kebeli Ninja 250!

Uang logam ini masih belum tarik dari peredaran, sehingga nilai tukar untuk bertransaksi masih sama dengan nominalnya.

Sesuai Peraturan Bank Indonesia nomor 18/27/PBI/2016 tentang ‘Pengeluaran Uang Rupiah Logam Pecahan Rp500 Tahun Emisi 2016’.

Uang Rupiah logam pecahan 500 (lima ratus) tahun emisi 1991, nyatanya masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia karena belum mencabut dari perdaran.

Bahkan uang logam tersebut juga jadi barang langka sehingga masyarakat ada yang menjualnya Rp 100 juta sampai Rp 100 miliar di lapak online.

Walau jual mahal namun jadi perhatian masyarakat karena para kolektor uang berniat membelinya. Sampai kini uang logam Rp 500 tetap jadi favorit untuk perjualbelikan
dengan harga yang setara dengan Moge Harley Davidson Street 500 dan 750.

Para kolektor biasanya mau membeli dengan harga tinggi untuk uang kuno yang langka dan tidak ada di pasaran. Apalagi jika mereka memang mengincar uang kuno itu, penjual
bisa mematok harga uang kuno itu setinggi-tingginya.

Di sinilah mengapa uang kuno bisa jadikan sebagai ladang investasi dengan menghasilkan harga yang tinggi, asalkan bisa menjualnya pada sosok yang tepat dengan mencari kolektor uang kuno di internet atau masuk ke komunitas mereka.

Baca Juga:Nih Rekomendasi Wisata Alam di Bandung Barat!iPhone yang Masih Worth It Dibeli Tahun 2023

Merawat Koin

Dalam dunia numismatik, pengumpulan koin bukan hanya sekedar hobi atau kegemaran belaka. Pengumpulan koin juga dapat menjadi sumber pengetahuan sejarah dan seni yang berharga. Namun, pengumpulan koin juga harus melakukan dengan hati-hati dan bijak dan harus memastikan keaslian dan nilai sebenarnya sebelum membeli atau mengumpulkan koin.

0 Komentar