Lebaran Haji Berapa Hari Lagi Sih?

Idul Adha 2023
illustrasi : Suara.com
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Setelah melewati bulan Ramadan dan Idul Fitri, umat Islam akan menyongsong hari raya berikutnya yaitu Idul Adha. Untuk itu, berapa hari lagi Lebaran Haji 2023?

BACA JUGA :

Idul Adha 2023, Tanggal Berapa Sih?

Perayaan hari raya kedua umat Islam tersebut memang tidak semeriah Idul Fitri. Namun, Hari Raya Idul Adha juga selalu dinantikan oleh umat Islam.Terutama bagi mereka yang memiliki kecukupan harta dan berniat untuk berqurban. Selain itu, Hari Raya Idul Adha juga sebagai bentuk syukur kepada Allah.

Apabila mengacu pada SKB atau Surat Keputusan Bersama 3 Menteri Nomor 1066, 3, 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023,
lebaran memperkirakan akan jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Dengan demikian, Idul Adha tinggal 26 hari lagi.

Baca Juga:Idul Adha 2023, Tanggal Berapa Sih?Cek HP China Terbaru 2023 yang Bikin Kamu Tergiur!

Pengertian Idul Adha

Idul Adha merujuk pada momen ketika Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail, sebagai tanda ketaatan kepada Allah.

Namun, pada saat yang sama Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba dan menyuruh Ibrahim untuk menyembelih hewan tersebut sebagai ganti dari putranya. Oleh karena itu, dalam perayaan Idul Adha, umat Muslim mengikuti jejak Ibrahim dengan menyembelih hewan seperti kambing, domba, atau sapi sebagai bentuk pengorbanan dan penghormatan kepada Allah.

Selain itu, Idul Adha juga menjadi momen untuk mempererat hubungan sosial dengan memberikan sebagian daging hewan kurban kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Umar bin Khattab berkata: “Pada kedua hari ini Nabi shallallahu alaihi wasallam telah melarang orang berpuasa, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri sesudah Ramadan dan Hari Raya Idul Adha sesudah wuquf di Arafah.” (HR Bukhari).

Lebaran Haji 2023 atau Hari Raya Idul Adha memperingati setiap tanggal 10 Zulhijah. Umat Islam akan menggelar salat Id dan melakukan ibadah kurban pada hari besar tersebut.

Syaikh Hanafi Al-Mahlawi mengatakan dalam Kitab Ayyamullah, Hari Raya Idul Adha adalah wujud dari rasa syukur kaum muslimin, pembersih atas nikmat yang mereka dapatkan, dan berbagi atas kebahagiaan yang mereka rasakan. Pada hari raya tersebut, umat Islam juga mensunnahkan menunaikan salat Ied secara berjamaah.

0 Komentar