PEVS 2023 Sukses Digelar, PLN Siap Dukung Ekosistem Molis Tumbuh Subur di Tanah Air

PEVS 2023 Sukses Digelar, PLN Siap Dukung Ekosistem Molis Tumbuh Subur di Tanah Air
Ilustrasi: Dokumentasi PT PLN Persero
0 Komentar

“Tak lain tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih guna mencapai tujuan NZE 2060. PEVS 2023 juga membuktikan bagaimana Molis memberikan banyak manfaat ekonomis bagi penggunanya dan membantu mewujudkan kedaulatan energi nasional,” kata Darmawan.

Darmawan memberikan gambaran perbandingan biaya menggunakan kendaraan listrik dengan kendaraan BBM.

Untuk jarak tempuh 10 km mobil dan 50 km motor listrik membutuhkan daya sebesar 1,2 kWh, equivalen dengan 1 liter BBM.

Baca Juga:Khitan Modern di Klinik Nur AsyifaKunjungan Bisnis ke China, PLN Teken Kerjasama Pengembangan EBT dengan Perusahaan EPC di Beijing

Dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp 1.699,53 per kWh, maka hanya memerlukan biaya bahan bakar sekitar Rp 2.500. Sementara itu, untuk jarak yang sama menggunakan mobil BBM biayanya bisa mencapai Rp 13.000.

“Artinya menggunakan kendaraan listrik hari ini, sudah bisa mengurangi 75 persen biaya operasional,” jelas Darmawan.

Project Managers PEVS 2023 Rudi MF menjelaskan, PEVS 2023 melibatkan 81 peserta dari berbagai produsen kendaraan listrik, supporting partner dan pelaku UMKM. Ia berharap pameran ini memperluas dan memperkuat ekosistem industri otomotif kendaraan listrik dalam negeri.

“Hingga hari terakhir pada jam 16.00 WIB pada pelaporan sementara transaksi oleh peserta nilainya Rp 289 milliar,” kata Yudi

Lalu antusiasme para pecinta kendaraan listrik pada PEVS 2023 cukup tinggi,  kurang lebih 30.700 pengunjung telah menghadiri acara ini,” lanjutnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyatakan PLN UID Jabar siap mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat.

“Hal ini berlangsung melalui kerja sama dengan berbagai komunitas EV di Jawa Barat dan dukungan infrastruktur seperti SPKLU dan SPLU. PLN juga memiliki program Jabar Smile yang terdapat kerja sama dengan produsen motor listrik, yang pelanggan PLN dapat memanfaatkannya,” ujarnya.

0 Komentar