Petani Program Desa Digital jadi Direktur Utama Pertanian Modern

Program Desa Digital
Program Desa Digital di Jawa Barat melahirkan SDM di bidang pertanian yang berhasil menjadi direktur utama.
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Berkat kegigihan dan tekad yang kuat untuk membangun pertanian modern (smart farming), Ade Rukmana berhasil menjadi Direktur Utama Koperasi Produsen Agronative Pratama Indonesia (KPAPI) yang berada di kawasan Desa Tani, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Mang Ade, sapaan Ade Rukmana, merupakan penerima manfaat program Desa Digital Jawa Barat 2021. Melalui program ini, Pemerintah Provinsi Jabar memberikan pelatihan dan subsidi sewa alat pertanian berbasis IoT selama satu tahun berkolaborasi dengan sejumlah mitra dalam hal ini Habibi Garden, salah satu perusahaan startup di bidang teknologi pertanian.

Di kawasan Desa Tani, Mang Ade mengajak para petani lain memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas hasil tani dan mengefisiensi biaya produksi.

Baca Juga:Pariwisata Makin Variatif, Warga Punya Banyak Alternatif BerliburEVALUASI MUDIK 2023 : Angka Kecelakaan Menurun 45,58 Persen

Perwakilan Tim Marketing Desa Tani Dadan mengatakan, di lahan seluas 10 hektare, pihaknya mengomando 50 orang petani, 30 orang di antaranya telah menggunakan IoT seperti smart irrigation dan pemupukan otomatis sehingga penggunaan air dan pupuk menjadi  lebih tepat guna dan efektif.

Ika juga mengatakan, keberhasilan Mang Ade adalah salah satu tujuan dari program Desa Digital Jawa Barat, yang menciptakan kemandirian bagi petani dalam memanfaatkan inovasi teknologi IoT untuk masa depan pertanian di Jawa Barat.

0 Komentar