Asal Usul Seblak dan Kepopulerannya

Asal Usul Seblak dan Kepopulerannya
Asal Usul Seblak dan Kepopulerannya
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Seblak masakan khas Sunda yang berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasanya yang gurih dan pedas, terbuat dari campuran kerupuk, bawang putih, cabai, kencur, dan toping lainnya.

Tips Menyimpan Cabai Dirumah Agar Tidak Busuk

Seblak mulai terkenal pada tahun 2000an dari Garut yang sudah ada sebelum jaman kemerdekaan di wilayah Parahyangan, dulu namanya bukan seblak melainkan Kerupuk Leor (karen tekstrunya yang ngaleor/lemas), yang membedakan seblak dengan makanan lainnya yang sejenis adalah pada kerupuk oren dengan bumbu cikur khas dari Sunda dan disajikan dengan kuah panas yang pedas.

 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat seblak diantaranya kerupuk yang sudah di rebus, sayuran, sosis, baso dan toping lainnya sesuai keinginan dengan bumbu khasnya berupa bawang putih, garam, gula, penyedap rasa, cabai rawit, dan tidak lupa kencur.

Seblak juga memiliki berbagai jenis lho, dibagi menjadi dua yaitu:

  • Seblak kering (walaupun agak jarang ditemukan), adalah kerupuk pedas mirip dengan basreng (bakso goreng).
  • Seblak basah: seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak tulang ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak bakso, seblak basreng, seblak batagor, seblak aci, seblak kwetiau, seblak siomay, seblak snack, seblak kikil, seblak telur, dll.
0 Komentar