Cara Bikin Bumbu Halus Untuk Opor Bisa Tahan Lama Tanpa Pengawet

Cara Bikin Bumbu Halus Untuk Opor Bisa Tahan Lama Tampa Pengawet
Cara Bikin Bumbu Halus Untuk Opor Bisa Tahan Lama Tampa Pengawet
0 Komentar

CIANJUREKSPRESOpor selalu menjadi ciri khas makanan Indonesia yang mempunyai rasa khas rempah-rempah yang lezat. Menu satu ini menghasilkan makanan yang istimewa dan juga lezat bahkan makanan ini selalu muncul di berbagai acara penting aja loh.

Banyak sekali komponen rempah yang dipakai dalam masakan ini, proses memasak opor ini lebih sulit bagi kamu yang pemula di dapur. Tapi kali ini aku mau bagiin ke kalian cara mudah membuat bumbu opor untuk kalian stok dirumah.

Dilansir dari Youtube Dapur Cantik, dia membagikan resep bumbu opor dalam bentuk basah, tapi bumbu ini bisa awet sampe berbulan-bulan loh.

Baca Juga:Kabar Terbaru: Bank Indonesia Updet Rp 1.000 Jadi Rp 1 !Spesifikasi Dan Harga Samsung A14 5G: Murah Dan Keren!

Bumbu ini juga sangat cocok dijadikan bumbu opor pada ayam, telur, sampe tempe loh. Jadi kalian nggak akan bosen deh mau masak apa karena ada bumbu opor ini yang bisa di olah jadi apa aja.

Bahan yang dibutuhkan:

– 4 batang sereh
– 10 lembar daun jeruk purut
– 8 lembar daun salam
– 3 sdt ketumbar bubuk
– 2 sdt jinten bubuk
– 2 sdt merica bubuk
– 3 sdt kaldu jamur
– 2 sdm garam
– 6 sdt gula pasir

Bumbu iris:

– 4 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih

Bumbu halus:

– 150 gr bawang merah
– 80 gr bawang putih
– 50 gr kemiri sangrai

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak dalam wajan. Lalu masukkan bumbu yang sudah diiris. Aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma yang harum.

2. Setelah harum, baru deh masukkan bumbu halus. Lalu aduk-aduk agar tidak gosong.

3. Masukkan juga sereh, daun jeruk purut, daun salam, dan lengkuas. Tambahkan juga merica bubuk dan kaldu jamur, jinten bubuk, ketumbar bubuk, dan gula pasir.

4. Jangan lupa masukkan garam. Bahkan menurut pengguna YouTube Dapur Cantik Channel, garam nggak cuma memberi rasa asin, tapi juga membantu mengawetkan bumbu loh.

5. Tuang minyak goreng secukupnya, hingga bumbu terendam sempurna. Minyak goreng akan membuat bumbunya awet dan tahan lama.

6. Tumis sambil diaduk-aduk sampai bumbunya matang dan kandungan airnya habis.

0 Komentar