Resep Kue Bugis yang Manis dan Kenyal

Resep Kue Bugis yang Manis dan Kenyal
Resep Kue Bugis yang Manis dan Kenyal
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Kue berbahan dasar ketan dengan isian unti kelapa manis ini adalah jajanan pasar yang mudah ditemukan. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan atau daerah di mana suku bugis berasal, sesuai dengan namanya.

Bahan-bahan:

Tepung ketan – 500 gram

Santan hangatkan – 250 ml

Gula pasir – 2 sdm

Garam – 1/4 sdt

Pewarna hijau – 5 tetes

Minyak goreng – 3 sdm

Daun pisang, potong ukuran 10×10 cm – 3 lembar

5 Kuliner Legendaris di Bandung

Bahan unti kelapa:

Kelapa, parut – 1/2 butir

Gula merah, serut kasar – 250 gram

Gula pasir – 2 sdm

 

TIPS

  1. Untuk unti kelapa, pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua. Selain itu, kupaslah kulit bagian dalam kelapa sebelum diparut.
  2. Saat membuat adonan tepung ketan, tuanglah santan sedikit demi sedikit sambil terus uleni adonan. Jika adonan belum kalis dan santan sudah habis, maka takaran santan bisa ditambahkan hingga adonan kalis sempurna dan bisa dibentuk.
  3. Sebelum digunakan, jemurlah daun pisang terlebih dulu di bawah sinar matahari atau ditaruh di atas panci kukusan/dandang yang sudah panas.
  4. Gunakan kukusan yang terdiri dari 3 susun. Panci paling bawah berfungsi sebagai wadah air mendidih dan 2 panci lainnya sebagai wadah makanan. Masing-masing panci berdiameter 28 cm. Cocok untuk mengukus dalam skala banyak sekaligus
0 Komentar