Wajib Diketahui! Amalan Sunah Sebelum Shalat Idul Fitri

Wajib Diketahui! Amalan Sunah Sebelum Shalat Idul Fitri
Wajib Diketahui! Amalan Sunah Sebelum Shalat Idul Fitri
0 Komentar

Kendati demikian, tidak harus makan kurma sebelum sholat Idul Fitri. Kurma bisa diganti dengan makanan lainnya yang ada di rumah.

Dari Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat Sholat Id pada hari Idul Fithri dan sebelumnya Beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, Beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari Sholat Id baru Beliau menyantap hasil kurbannya.” (HR Ahmad 5: 352. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadis ini hasan)

BACA JUGA : Tekan Angka Stunting Melalui Program Edukasi Protein Ayam dan Telur

3. Menggunakan Pakaian Terbaik

Baca Juga:Mengenal Tradisi Minum Teh di JepangMakanan yang Wajib Ada Saat Lebaran

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri untuk memakai pakaian terbaik. Hal ini disampaikan dalam salah satu hadis yang memiliki arti sebagai berikut:

“Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

Selain itu, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata yang artinya:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fithri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari Jum’at.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Adapun bagi laki-laki dianjurkan juga untuk memakai wewangian yang tidak begitu mencolok. Agar dapat menjalankan sholat Idul Fitri dengan lebih khusyuk.

4. Jalan Berbeda saat Pergi dan Pulang

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri lainnya ialah mengambil jalan yang berbeda saat pergi dan pulang dianjurkan. Amalan ini sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya).” (HR. Bukhari)

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri ini dilakukan agar bisa bertemu dengan orang yang berbeda saat mengambil jalan yang tak sama. Tujuannya agar  bisa berbagi kebahagiaan melalui sapa dan senyuman.

0 Komentar