Mengenal Tradisi Minum Teh di Jepang

Mengenal Tradisi Minum Teh di Jepang
Mengenal Tradisi Minum Teh di Jepang
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Mengenal Tradisi Minum Teh di Jepang

Jepang merupakan sebuah negara yang terkenal dengan keragaman tradisi dan gaya hidup masyarakat yang teratur. Bahkan untuk minum teh saja, Jepang mempunyai sebuah upacara dan tradisi yang penuh dengan makna kehidupan.

Bisa dibilang, budaya minum teh di Jepang menjadi sebuah warisan kebudayaan penting yang harus dilestarikan. Upacara minum teh yang ada di Jepang mulai berkembang setelah adanya pengaruh Buddhisme Zen.

Upacara minum teh di Jepang yang dikenal sebagai chado merupakan sebuah tradisi menyajikan teh kepada tamu. Tradisi yang pada zaman dulu disebut sebagai chanoyu ini umumnya menggunakan teh bubuk matcha.

Baca Juga:Makanan yang Wajib Ada Saat LebaranTips Mudik Aman dan Nyaman

Untuk chado yang menggunakan matcha, maka dikenal sebagai matchado. Sedangkan chado yang menggunakan teh hijau sencha, maka dikenal dengan senchado.

Budaya minum teh di Jepang ini dikenalkan pada abad ke-9 oleh biksu Budha yang berasal dari Cina. Sejak saat itulah, minum teh mulai menjadi tradisi dan kebudayaan warga Jepang.

Awalnya, kebiasaan minum teh di Cina ini digunakan untuk pengobatan. Seiring berjalannya waktu, minum teh di Jepang menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Dalam setiap upacara minum teh, teh akan disiapkan oleh orang yang mengerti seni upacara chado. Selanjutnya, teh akan dinikmati di sebuah ruangan khusus yang dikenal sebagai chashitsu.

Untuk menjadi ahli chado, seseorang harus mempunyai pengetahuan yang luas. Pengetahuan ini meliputi jenis teh yang digunakan, kaligrafi Jepang, kimono, ikebana, dan pengetahuan tradisional lain.

Dalam menyajikan teh, tuan rumah juga memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan situasi menyenangkan untuk tamu. Misalnya seperti bunga, lukisan dinding, dan mangkuk keramik yang penggunaannya disesuaikan dengan musim.

Dalam budaya minum teh di Jepang, ada prosesi upacara yang harus dilakukan secara berurutan. Peralatan yang dipakai untuk minum teh ini disebut sebagai chadogu.

Baca Juga:Angka 13 Bikin Sial? Begini SejarahnyaAwal Mula Musik Tercipta

Sebelum dan sesudah pelaksanaan upacara minum teh, chadogu akan dibersihkan menggunakan air panas di atas tungku. Setelah itu, chadogu akan di lap dengan kain yang berbentuk persegi panjang.

0 Komentar