Apa Itu Takbiran? Berikut Makna Serta Bacaannya

Apa itu Takbiran
Apa itu Takbiran
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES-  Apa itu takbiran? simak makna serta bacaannya yang harus anda ketahui.

Menjelang hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, masyarakat muslim akan mengumandangkan takbir.

Di Indoneisia, masyarakat biasanya akan mengumandangkan takbir baik sendiri-sendiri, melalui pengeras suara masjid maupun mengelilingi kampung-kampung.

Baca Juga:Jadi Tersangka, Mario Dandy Alami Stress Dipenjara? Ini FaktanyaDownload Video Takbiran 2023 Gratis dan Mudah, Klik Disini!

Baca Juga: Demons Slayers Season 3: Arc Swordsmith Village, Resmi Tayang Ini Link Nontonnya!

Lantas apa arti dari Takbiran?

Takbiran di Indonesia merujuk pada aktivitas pemeluk agama Islam yakni mengucapkan kalimat takbir  secara bersama-sama.

Kalimat takbir berbunyi Allahuakbar yang artinya Allah Maha Besar.

Melansir dari kemenag.go.id Kalimat takbir adalah bentuk pengagungan akan kebesaran Allah. Pada saat yang sama, ini adalah ungkapan kesadaran bahwa kebesaran itu hanya milik Allah. Ungkapan ini membawa pada kesadaran akan fitrah kita sebagai manusia.

Sehebat apa pun kita, setinggi apa pun derajat kita, sekuat apa pun kekuasaan kita, sebanyak apa pun harta kekayaan kita, fitrah kita sebagai manusia adalah hamba Allah. Kita adalah makhluk dan karenanya tidak sepantasnya menyandang beragam bentuk kesombongan yang itu adalah pakaian Allah.

Takbiran dilakukan malam menjelang hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha hingga sebelum pelaksanaan sholat Ied.

Bacaan Takbiran Beserta Terjemah

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahil Hamd (3X). Allahu Akbar Kabiran, wal Hamdu Lillahi Katsira, wa Subhanallahi Bukratan wa Ashilan, La Ilaha illallah wa La Na’budu Illa Iyyahu Mukhlishina Lahuddina Walau Karihal Kafirun. La ilaha illallah Wahdah, Shadaqa Wa’dah wa Nashara ‘Abdah, wa Hazamal Ahzaba Wahdah. La ilaha illallah.”

Artinya:

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Segala puji bagi-Nya (3X). Allah maha besar. Segala puji yang banyak bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama meski orang kafir tidak menyukainya. Tiada tuhan selain Allah yang Esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memorak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah.”

0 Komentar