Efek dari Terlalu Memanjakan Anak

Efek dari Terlalu Memanjakan Anak
Efek dari Terlalu Memanjakan Anak
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Efek dari Terlalu Memanjakan Anak

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak itu hal yang boleh-boleh saja, tetapi harus dengan batasan. Jika sudah muncul dampaknya, hal tersebut akan sangat merugikan.

Pola asuh dengan memanjakan anak akan membuat dia sedikit keras kepala dimana saat tidak mendapatkan apa yang dia inginkan dia akan merengek, marah, cemberut, mengamuk dan sebagainya.

Hal tersebut dilakukan anak untuk mendominasi orangtua agar menyerah, dan mengabulkan keinginannya. Selain itu, efek terlalu memanjakan anak juga terjadi di kemudian hari saat ia dewasa. Berikut ini beberapa efeknya  tersebut:

1. Menjadi Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab

Membuat dirinya menjadi pribadi yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut mungkin saja akan semakin menyulitkan saat dirinya tumbuh dewasa kelak.

Baca Juga:Orangtua Berperan Besar dalam Pembentukan Kepribadian AnakMengenal Softskill dan Hardskill

Anak yang terlalu dimanjakan cenderung tidak memiliki kedewasaan emosional. Ia juga lebih mudah tersinggung jika dinasehati, dan malas untuk bekerja.

2. Ketergantungan pada Orangtua

Akan ketergantungan pada orangtua inilah yang menjadikan anak sosok yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja, anak yang terlalu dimanja akan menyamaratakan konsep kebahagiaan atas kebahagiaan orang lain. Kembali lagi, anak tidak memiliki kedewasaan emosional.

3. Mudah Menyerah saat Menemui Kesulitan atau Kegagalan

Mudah membuatnya menyerah saat dihadapkan dengan kesulitan dan kegagalan. Terlalu memanjakan anak membuat ia tidak pernah gigih untuk mendapatkan sesuatu, karena apa pun yang dimau, ia selalu mendapatkannya.

Bisa dibilang, anak yang terlalu dimanja akan lebih mudah kecewa terhadap diri sendiri, dan cenderung merasa tidak memiliki kemampuan menghadapi masalahnya.

4. Menjadi Pribadi Pemberontak dan Tidak Santun

Terlalu memanjakan anak cenderung dilakukan dengan melindungi, dan tidak menegur saat anak melakukan kesalahan. Hal tersebut lumrah dilakukan dengan alasan “namanya juga anak-anak”. Padahal, melindungi kesalahan mungkin saja bisa membuat mereka menjadi pemberontak dan tidak santun.

5. Memiliki Interaksi Sosial yang Buruk

Dampak terlalu memanjakan anak yang terakhir adalah, memiliki interaksi sosial yang buruk. Hal tersebut terjadi akibat orangtua terlalu membiasakan anak mendapatkan sesuatu dengan mudah, sehingga sulit bagi anak untuk bersyukur dan berterimakasih pada orang lain.

0 Komentar