Tradisi Orang Cianjur Menyambut Bulan Puasa

Tradisi Orang Cianjur Menyabut Bulan Puasa
Tradisi Orang Cianjur Menyabut Bulan Puasa
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Tradisi Orang Cianjur Menyabut Bulan Puasa

Cianjur adalah ibu kota dari Kabupaten Cianjur yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Cianjur yang juga letaknya berada di kaki Gunung Gede. Cianjur juga merupakan sebuah wilayah kecamatan yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Tradisi di sebuah daerah terkadang sangat unik-unik nah kalau di Cianjur sendiri punya ceritanya sendiri yaitu tradisi sebelum datangnya bulan suci ramadhan, warga Cianjur selalu mengadakan semacam papajar.

Papajar itu merupakan bahasa sunda yang di artikan dengan berlibur sebelum datangnya bulan ramadhan. Papajar ini dapat di artikan sebagai bahagianya menyabut bulan suci ramadhan.

Baca Juga:Rekomendasi Aplikasi PinjolList Lagu-lagu Galau

Warga Cianjur selalu melakukan papajar dengan cara berlibur sanak keluarganya misal ke pantai, makan-makan bersama dengan keluarga.

Mengapa warga Cianjur melakukan hal itu di karenakan di saat bulan puasa nanti tidak bisa melakukan hal yang serupa karena fokus untuk beribadah.

Orang-orang selalu menantikan hal ini tapi tidak pergi ke kemanapun misal ngumpul di rumah dengan keluarga pun sudah di anggap papajar.

Papajar itu bukan berarti harus pergi kesuatu tempat saja dengan berkumpul dengan keluarga juga sudah papajar, jadi arti papajar itu adalah kebersamannya.

Warga Cianjur selalu antusias sekali dengan papajar tidak anak kecil, lansia juga selalu ingin merayakan juga.

Dengan adanya papajar menjaga silahtuhrami juga sesama muslim yang akan menyabut bulan ramdhan ini dan saling memaafkan satu sama lain biar nanti ibadah puasanya di terima oleh Allah S.W.T

0 Komentar