Keistimewaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan Nisfu Syaban

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan Nisfu Syaban
Istimewa
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Keistimewaan malam Nisfu Syaban, Rasulullah melalui sebuah hadis mengatakan bahwa malam Nisfu Syaban dimanfaatkan oleh kalangan sahabat untuk berdoa dan meminta ampunan pada Allah. Pada malam Nisfu Syaban, Allah menurunkan rahmatnya pada orang yang memohon ampunan.

Nisfu Syaban berarti pertengahan atau tengah-tengah bulan Syakban tahun hijriah. Menurut laman nu.or.id, malam Nisfu Syaban adalah momen istimewa pada bulan Syakban. Sebab, di malam tersebut, Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa hamba-Nya.

Amalan Malam Nisfu Syaban

  • Sholat Maghrib Berjamaah.
  • Sholat Sunnah Bara’ah.
  • Membaca Doa Bara’ah.
  • Beristighfar.
  • Membaca Shalawat kepada Nabi.
  • Membaca Surat Yasin 3 Kali.

BACA JUGA : 15 Ucapan Isra Miraj 2023, Berisi Doa Penuh Harapan untuk Dibagikan ke Media Sosial

Baca Juga:Download Video tiktok Menjadi Mp3, Tanpa AplikasiAnime Suzume no Tojimari Akan Tayang di Indonesia, Cek Harga Tiketnya

Yang dimana juga sudah jelas, bahwa nisfu syaban akan jatuh pada tanggal 8 Maret 2023 tepat di hari Rabu. Sehingga pada malam memasuki pertengahan bulan Sya’ban yaitu hari Selasa, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan-amalan sunnah.

Termasuk kala memasuki Nisfu Sya’ban atau pertengahan bulan Sya’ban. Nah, di antara kebiasaan umat Islam terutama warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) adalah dengan membaca surat Yasin. Bahkan membaca surat ini dilakukan hingga 3 kali dengan niatan khusus.

Niat Puasa Sya’ban

Nawaitu shauma ghadin ‘aan adâ’ii sunnati Sya’bbana lillâhi ta’âalâ. “Aku berniat puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT.”

Puasa sunah yang keduabelas adalah puasa Syaban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat

Bolehkan Puasa 3 Hari Di Bulan Sya’ban

Terlebih pada tanggal 13, 14 dan 15 syaban bertepatan dengan puasa sunnah ayyamul bidh dan pada tanggal 15 nya puasa nisfu sya’ban.Puasa Nisfu Syaban dilakukan pada Selasa, 7 Maret 2023. Sementara, puasa Ayyamul Bidh adalah puasa tiga hari berturut-turut yang dilakukan setiap bulan dalam kalender Hijriah, termasuk Syaban.

0 Komentar