Ini Alasan Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Ini Alasan Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial
Pixabay
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat.

Pembagian bentuk  didasarkan pada berpengaruh tidaknya hasil perpindahan status sosial yang dialami dengan derajat sosial yang dimiliki. Secara umum bentuk mobilitas sosial terbagi menjadi empat, yaitu vertikal, horizontal, antargenerasi, dan intragenerasi.

Faktor Pendorong 

Setelah mengetahui bentuk-bentuknya, kita juga perlu mengetahui faktor-fator yang mendorong terjadinya mobilitas sosial. Ada beberapa faktor pendorong mobilitas sosial, yaitu:

Baca Juga:Putusan PN Jakpus Soal Penundaan Pemilu Inkonstitusional dan AbsurdFilm Dragged Across Concrete, Kisah Prostitusi dan Pengguna Narkoba Akan Tayang di Bioskop Transtv 4 Maret 2023

1. Struktural
Faktor ini terkait dengan kesempatan seseorang untuk menempati sebuah kedudukan serta kemudahan untuk memperolehnya. Kalau di Indonesia sih struktur masyarakatnya sangat terbuka.

2. Individu
Kalau faktor ini sih terkait dengan kualitas individu yang dilihat dari segi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

3. Ekonomi
Jika situasi ekonomi dalam masyarakat cenderung baik maka mobilitas sosial pun dapat terwujud. Kondisi ekonomi yang baik membuat masyarakat mudah memperoleh modal, pendidikan, dan kesempatan lainnya.

4. Politik
Faktor yang satu ini sangat bergantung pada situasi politik suatu negara. Keadaan negara yang tidak stabil akan memengaruhi kondisi keamanannya.

5. Kependudukan
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di Indonesia hampir selalu bertambah dari waktu ke waktu.

Faktor ekonomi merupakan keadaan ekonomi dapat mendorong individu dan kelompok melakukan. Keadaan ekonomi yang baik memudahkan seseorang untuk memperoleh pendidikan, memperoleh modal ataupun kesempatan lainnya sehingga dapat berpindah ke kedudukan yang lebih tinggi.

Faktor Penghambat 
Terdapat beberapa faktor lain yang dapat menghambat mobilitas sosial adalah sebagai berikut:

1. Kemiskinan

Baca Juga:Wifi Map Kata Sandi Bebas, Berikut Link DownloadnyaBaru Rilis Langsung Trending, Lagu Menyesal Yovie,Lyodra,Ziva Begitu Memukau

Faktor ekonomi dapat membatasi mobilitas sosial. Bagi masyarakat miskin, mencapai status sosial tertentu merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

2. Perbedaan ras dan gama

Dalam sistem kelas tertutup tidak memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal ke atas.

0 Komentar