Posnu Lembaga Pemantau Pemilu Pertama, Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu

Pemilu
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Poros Sahabat Nusantara (Posnu) Kabupaten Cianjur, siap bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur untuk memantau Pemilu 2024 di Kabupaten Cianjur.

Ketua DPC Posnu Kabupaten Cianjur, Ismat Nasrulloh mengatakan, setelah terakreditasinya Posnu sebagai lembaga pemantau pemilu oleh Bawaslu RI, DPC Posnu siap berpartisipasi melakukan pemantauan pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Cianjur.

“Hari ini, sudah menjadi agenda kami untuk melakukan kerjasama kemitraan dengan Bawaslu Cianjur, dan alhamdulilah kami diterima dengan baik, bahkan ada beberapa rencana tindak lanjut dengan bawaslu ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga:Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada TubuhTotal Korban Serial Killer Wowon Cs jadi 9 Orang

Ismat menyebutkan, rencana ke depan pihaknya dengan bawaslu salah satunya fokus pada pemantauan pemilu baik berbasis tahapan maupun bukan tahapan.

“Sesuai MoU yang dilakukan oleh Posnu pusat bahwa kami akan melakukan pemantauan yang berbasis tahapan diantaranya, sosialisasi pendidikan pemilih, masa kampanye, pungut hitung dan rekapitulasi. Adapun nontahapan yaitu, pemantauan partisipasi masyarakat, netralitas ASN, dan beberapa isu yang berkaitan disinformasi di medsos seperti isu sara, berita hoax,” paparnya.

Selain itu Wakil Koordinator Daerah Sahabat Pemantau Posnu, Ahmad Wahyudi mengatakan pihaknya melaporkan dan mendaftarkan secara kelembagaan agar posnu mendapatkan haknya sesuai dengan amanat Peraturan Bawaslu nomor 1 tahun 2023.

“Kami datang untuk melaporkan bahwa kami sebagai lembaga pemantau ada di Cianjur untuk sama-sama berpartisipasi melakukan pemantauan pemilu 2024, serta meminta hak kami kepada bawaslu diantaranya hak mendapat perlindungan dan hak mendapatkan akses informasi mengenai demokrasi dan kepemiluan di Cianjur,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur mengatakan, Posnu adalah lembaga pemantau pertama yang telah teregistrasi dan datang kepada Bawaslu Cianjur, dan siap melakukan pemantauan.

“Kami menyambut baik bahkan berterimakasih dengan telah datangnya Posnu sebagai lembaga pemantau pertama di Kabupaten Cianjur yang melakukan registrasi ke Bawaslu Cianjur, sebagai lembaga pemantau pemilu di tahun 2024,” tuturnya ketika menerima dan berdiskusi di aula Bawaslu Cianjur.

Senada, Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur Usep Agus Zawari yang mengatakan, dasar hukum adanya lembaga pemantau yaitu Peraturan Bawaslu Nomor 1 tahun 2023 tentang Pemantau Pemilu, yang salah satu lembaga pemantau yang sudah terakreditasi adalah Poros Sahabat Nusantara.

0 Komentar