Atalia Ridwan Kamil Kampanyekan Tanam Pohon Buah

Atalia Ridwan Kamil Kampanyekan Tanam Pohon Buah
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengapresiasi Pemprov Jabar dalam program penanaman seribu pohon buah.

Pada kegiatan secara hybrid tersebut, Ibu Negara melaksanakan penanaman di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Rabu 1 Februari 2023.

Sedangkan Pemprov Jabar yang dihadiri Atalia Praratya Kamil, melaksanakan penanaman di kawasan UPTD Balai Pengembangan Benih Dinas Hortikultura dan Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Jl Raya Jatinangor Km 23, Sumedang.

Baca Juga:Tekan Inflasi, Dorong Bahan Baku Lokal Melalui Festival Keanekaragaman MakananDPMD Jabar Gelar FGD Pembangunan Kewilayahan Ciayumajakuning

Pada kesempatan tersebut, Ibu Negara menyapa istri Gubernur Ridwan Kamil serta menanyakan progres penanaman pohon buah di Jawa Barat.

“Hari ini yang kami tanam ada sekitar seratus pohon, dari mulai pohon manggis, jambu bol, alpukat dan lain sebagainya,” ujar Atalia Praratya menjawab pertanyaan istri Presiden Joko Widodo tersebut.

Sontak, jawaban Atalia mendapat apresiasi Ibu Negara yang meminta peserta penanaman pohon buah untuk memberikan tepuk tangan.

Sementara itu, Atalia Praratya pun mengatakan, akan ada lebih banyak program penanaman pohon buah di wilayah-wilayah Jawa Barat. Seperti 840 pohon mangga, 60 pohon manggis.

“Kampanye penanaman seribu pohon ini juga dimaksudkan untuk memberikan contoh terhadap masyarakat, supaya bisa memanfaatkan halaman rumah mereka dengan lebih efektif. Salah satunya melalui kegiatan menanam pohon demi terciptanya kemandirian ekonomi keluarga.” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Jawa Barat, Dadan Hidayat menuturkan, pihaknya akan menyeleksi dan menyiapkan bibit terbaik dalam mendukung proses penanaman pohon di Jawa Barat.

Dia juga merekomendasikan bibit-bibit unggul itu untuk ditanam di pekarangan kantor ataupun di wilayah-wilayah sekitar masyarakat.

Baca Juga:Wagub Uu: Nelayan Adalah Pahlawan Dalam Memenuhi Gizi MasyarakatJabar Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK

“Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) telah meneliti kajian tentang lahan-lahan yang cocok untuk ditanami pohon. Selain itu, agenda penanaman pohon buah-buahan ini juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kesejahteraan masyarakat dan juga mengantisipasi penggunaan lahan kritis,” ujar Dadan Hidayat.

Menurutnya, pemanfaatan lahan kritis menjadi lahan produktif sangatlah esensial bagi kesejahteraan masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman pohon ini memiliki dua fungsi, yakni memperbaiki lahan kritis dan meningkatkan potensi ekonomi.

0 Komentar