Suka Tidur Siang, Ini Manfaatnya dan Tips Tidur Siang

Manfaat tidur siang
Suka Tidur Siang, Ini Manfaatnya dan Tips Tidur Siang
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Manfaat tidur siang adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda-tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.

Manfaat Tidur Siang

Dibawah ini adalah manfaat tidur siang

  • Menjaga Konsentrasi dan Kewaspadaan
    Manfaat tidur siang yang pertama adalah menjaga konsentrasi dan kewaspadaan. Pasalnya, tidur siang membantu menurunkan kadar adenosin di dalam otak yang berperan dalam menciptakan rasa kantuk.
  • Mengoptimalkan Daya Ingat
    Tidur siang secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah serta mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Tidur siang bahkan diketahui bisa mencegah gangguan memori, seperti demensia dan pikun.
  • Menurunkan Tekanan Darah
    Kelelahan dan stres yang dialami oleh seseorang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, kondisi ini bisa diminimalisasi dengan mencukupi waktu istirahat dan tidur, salah satunya melalui tidur siang.
  • Meningkatkan Suasana Hati
    Meningkatkan suasana hati diketahui juga menjadi salah satu manfaat tidur siang bagi wanita maupun pria. Tidur siang yang dilakukan dengan benar dapat memulihkan energi yang secara tidak langsung meningkatkan suasana hati.
  • Meningkatkan Produktivitas
    Manfaat tidur siang berikutnya yaitu membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari. Ini disebabkan tidur siang mampu meningkatkan fungsi otak, kecepatan psikomotor, respon, serta tingkat kewaspadaan.
  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
    Salah satu cara menurunkan risiko penyakit jantung bisa dilakukan dengan mencukupi waktu tidur siang maksimal 30 menit per hari. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Tokyo di Jepang di mana tidur siang selama 30 menit mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
0 Komentar