Cara Bertahan Hidup Dialam Versi Pendaki

Sebelum memulai pendakian, kita harus mempersiapkan berbagai macam hal untuk bertahan hidup dialam liar.
Sebelum memulai pendakian, kita harus mempersiapkan berbagai macam hal untuk bertahan hidup dialam liar.
0 Komentar

-Masukkan sumbu ke dalam limasan, lalu nyalakan dengan korek api.

-Saat api kecil sudah menyala, tiup sedikit demi sedikit hingga nyala api sudah agak membesar. Lalu, masukkan lebih banyak ranting atau rumput kering sebagai bahan bakar tambahan.

-Bila korek api tidak ada, gunakan kaca, lensa kamera. Fokuskan cahaya pada sumbu hingga percikan api muncul.

Persiapan Penting Sebelum Menjelajah Alam Bebas

Mempersiapkan peralatan secara matang sebelum berpetualang dapat mempermudah keadaan. Selain itu, pengetahuan tentang bertahan hidup juga sangat penting, termasuk soal rute perjalanan, simpul-simpul, hingga hewan dan tumbuhan. Brian Mertins, ahli bertahan hidup di alam bebas dalam situs nature-mentor.com memaparkan berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum berpetualang di alam bebas.

Baca Juga:Keutamaan Melaksanakan Puasa Sunah Dibulan RajabLirik Lagu Isra Miraj Pas Untuk Anak, Segera Putar Sekarang

Pertama, persiapkan peralatan bertahan hidup di alam bebas yang paling dasar. Beberapa barang di bawah ini adalah peralatan berpetualang paling dasar yang sangat berguna saat tersesat. -Senar parasut untuk mengikat peralatan perapian -Pisau tajam yang kokoh -Senar pancing -Peluit -Sarung tangan tebal dan syal -Termos atau botol air minum.

Kedua, Jelajahi pengetahuan tentang tumbuhan. Kenali ciri tanaman yang bisa dimakan dan tumbuhan yang beracun. Selain itu, pelajari bagaimana cara tepat untuk mengonsumsi tumbuhan-tumbuhan di alam bebas. Di bawah ini merupakan ciri dan karakteristik tumbuhan yang sebaiknya dihindari karena kemungkinan beracun:

-Buah beri yang berwarna putih atau kuning

-Tumbuhan berduri

-Jamur-jamuran

-Tumbuhan yang terasa seperti sabun atau pahit

-Tanaman berdaun cerah atau berkilau

-Tumbuhan yang memiliki daun bertangkai tiga

-Bunga-bunga yang berbentuk payung

-Tanaman bergetah warna putih susu

-Tumbuhan beraroma almond

Ketiga, ketahui pola geografis di dalam hutan. Hal ini dapat membantu dalam menentukan tempat paling aman untuk membuat tempat naungan.

Keempat, persiapkan segala hal, termasuk memberitahu orang-orang terdekat tentang rencana berpetualang di alam bebas. Selain itu, selalu melapor terlebih dahulu kepada penjaga hutan atau penjaga basecamp pendakian untuk mengantisipasi hal terburuk.

Kelima, hal paling penting adalah jangan menyepelekan alam. Selalu siaga terhadap segala kondisi yang mungkin akan terjadi, dan usahakan jangan sampai kehilangan arah.

0 Komentar