Hal Yang Harus Di Ketahui Sebelum Melalukan Pendakian Gunung Semeru

Hal yang harus di perhatikan Sebelum melakukan pendakian gunung semeru, perlu dipelajari rute dan lamanya waktu perjalanannya.
Hal yang harus di perhatikan Sebelum melakukan pendakian gunung semeru, perlu dipelajari rute dan lamanya waktu perjalanannya
0 Komentar

6. Trekking sendirian juga berpotensi diserang hewan buas. Yang paling menyeramkan, saat mengalami disorientasi pandangan karena kelelahan, pendaki yang berjalan sendirian bisa mudah tersesat, mengira jalur yang dilalui adalah jalur yang benar. Atau merasa seolah-olah mengikuti pendaki yang ada di depannya, padahal itu hanya ilusi.

7. Jangan sombong, bangga dengan kemampuan fisik sendiri, apalagi mengganggap Gunung Semeru hanyalah tantangan kecil. Pada saat aku mendaki, ada dua pendaki yang mengalami longsoran batu, yang satu meninggal yang satunya lagi luka berat. Nah kata bapak-bapak yang jualan makanan, pendaki yang mengalami cidera itu, sebelumnya sempat sesumbar akan menakhlukkan puncak Semeru dengan mudah. Nyatanya justru dia sendiri takhluk dipecundangi Semeru. Jangan lupa, alam memiliki caranya sendiri untuk mengalahkan kesombongan manusia.
Jangan mengucapkan kata-kata kotor. Bukan berarti tidak boleh ngomong, “Hei itu matrasmu kotor!” Bukan gitu. Maksudnya kata-kata kotor seperti mengumpat, memaki, misuh-misuh. Dan yang paling pantang, jangan berbicara mesum, apalagi berbuat!
Selama mendaki, jangan memetik, memutes, memotong dan mencabut tumbuhan-tumbuhan yang ada di kawasan Gunung Semeru.

8. Dilarang berburu, menangkap apalagi melukai satwa-satwa yang ada di kawasan Gunung Semeru.

Baca Juga:Game Rekomend Untuk Menikmati Malam Hari Raya ImlekHal Mistis Yang Sering Di Alami Pendaki Saat Naik Gunung Gede-Pangrango

9. Dilarang mendirikan tenda selain di areal-areal kemping yang telah ditentukan. Camp area yang disediakan ialah di sebelah utara dan barat Ranu Kumbolo serta di kawasan Kalimati.

10.Dilarang mandi di Ranu Kumbolo. Baik mandi di pinggiran dengan cara airnya diciduk apalagi mandi langsung jeguran ke dalam danau. Airnya sangat dingin. Kedalamnya juga misterius. Selain demi keselamatan, larangan berenang ini juga demi menjaga ekosistem danau.
Selama kemping di tepi danau Ranu Kumbolo, pengunjung dilarang memancing ikan apalagi memancing keributan.

11.Dilarang cuci muka di Ranu Kumbolo menggunakan sabun, facial foam, detergen dan berbagai pembersih yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam busa sabun bisa mencemari air danau. Sekedar membasuh muka masih dibolehkan.
Tidak boleh gosok gigi menggunakan odol di tepi Ranu Kumbolo. Kalau mau sikat gigi, lakukan di lokasi yang jauh dari danau.

0 Komentar