Resesi Adalah: Definisi, Penyebab dan Cara Menghadapinya

resesi adalah,(pixabay)
resesi adalah,(pixabay)
0 Komentar

CIANJURKEKSPRES- Resesi merupakan suatu kondisi perekonomian yang menurun karena disebabkan oleh menurunnya pendapatan, produksi dan pekerjaan.

Mengutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK), resesi merupakan suatu kondisi di mana perekonmian suatu negara sedang memburuk, hal ini terlihat dari produk domestik bruto (PDB) negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal beruturut-turut.

BACA JUAG: Trik Download Berbagai Konten IG Pakai Snaptik Instagram
Penyebab Resesi
1. Inflasi
Sebagaimana mengutip dari situs Bank Indonesia, inflasi merupakan suatu kenaikan harga barang dan jasa secara terus menerus dalam waktu tertentu.

Baca Juga:10 Bio Instagram Aesthetic Bahasa Inggris, Keren dan Cocok!Trik Download Berbagai Konten IG Pakai Snaptik Instagram

2. Gelembung Aset
Mengutip dari berbagai sumber, gelembung aset merupakan suatu kondisi di mana terjadi peningkatan harga aset secara ekstrim yang berdasarkan pada harapan kenaikan harga pada masa depan.

3. Deflesi

Deflasi adalah suatu penurunan harga secara terus menerus dan umum.

4. Nilai Impor yang Lebih Besar dari Ekspor
Defisit perdangan atau yang biasa dikenal sebagai nilai impor yang lebih besar dari eskpor bisa menjadi salah satu penyebab resesi ekonomi.

BACA JUGA: Dukung Pemulihan Ekonomi, Transaksi BNIDirect Tumbuh Positif

Cara Mencegah Terjadinya Resesi

1.Bantuan UKKM

Bantuan untuk UKKM sangat baik untuk mencegah terjadinya sebuah resesi di negera Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bahwa di negara ini banyak sekali UMKM yang membutuhkan bantuan. Tentunya dengan membatu UMKM ini akan memperbesar celah untuk memutar roda perekenomian sehingga bisa berjalan dengan baik. Bantuan ini biasa yang menjadi pemeran utamanya adalah dari pemerintah.

2. Siapkan Asuransi

Menyiapkan asuransi merupakan suatu hal yang penting untuk bisa berjaga-jaga menghadapi hal yang tak kita inginkan terjadi. Dengan menyiapkan asuransi, setidaknya kita bisa sedikit lebih tenang menghadapi resesi.

3. Mengelola Keungan dengan Baik

Untuk bisa menghadapi resesi, mengelola keuangan dengan  baik adalah salah satu kunci utama agar bisa terbebas dari resesi. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan tak terlalu urgen, Tentunya dengan mengelola keuangan dengan bijak bisa mengendalikan keuangan sehingga terdapat sisa yang bisa untuk  masuk alokasi keuangan dana darurat.

0 Komentar