KPU Rancang 6 Dapil untuk Pileg Cianjur

pileg cianjur
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur merancang tiga usulan Daerah Pemilihan (Dapil) bagi partai politik untuk pencalonan anggota DPRD Cianjur.

Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Cianjur, Ridwan Abdullah mengatakan, rancangan penambahan Dapil mengacu pada PKPU Nomor 6 Tahun 2022.

“Jadi berdasarkan ketentuan, KPU kota/kabupaten diminta oleh KPU RI untuk merancang Dapil dan alokasi kursi bagi para calon DPRD,” kata Ridwan saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, belum lama ini.

Baca Juga:Terungkap, Kakek Bejat yang Cabuli Cucunya Ternyata Sering Nonton Video Porno4 Alasan Aneh Penyebab Perceraian di Cianjur, Salah Satunya Bikin Geli

Ridwan mengatakan, KPU Cianjur merancang tiga usulan yakni rancangan Dapil eksisting, hal tersebut mengacu pada Pileg 2019 lalu dan tentunya berdasarkan adanya jumlah penduduk yang tersebar di setiap Dapil.

Rancangan yang kedua yakni masih mengacu pada lima Dapil dengan komposisi atau konfigurasi susunan di Kecamatan yang berbeda, sedangkan rancangan yang ketiga adalah KPU Cianjur menambah jumlah Dapil.

“Jadi, sebenarnya ada tiga rancangan yang diajukan KPU Cianjur ke KPU RI,” katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan ketentuan bahwa penataan Dapil tersebut harus mengacu kepada prinsip-prinsip pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017.

“InsyaAllah penataan rancangan penambahan Dapil ini sesuai dengan prinsip dan undang-undang yang berlaku,” paparnya.

Ridwan mengatakan, tiga rancangan tersebut sebenarnya sudah dipublikasikan ke khalayak umum pada tanggal 29 November tahun 2022 kemarin. “Sebenarnya rancangan ini sudah kami publikasikan,” ucapnya.

Selain itu lanjut Ridwan, setelah merancang dan mengumumkan bahwa KPU Cianjur melakukan uji publik hingga dua kali yakni pada tanggal 8 Desember dan 14 Desember kemarin.

Baca Juga:Anggota TNI Meninggal Saat Bersihkan Puing Bangunan Korban GempaPolisi Ringkus Komplotan ‘Manusia Bertopeng’ Spesialis Pembobol Minimarket

“Adapun pada saat publikasi tersebut kami mengundang partai politik, dan pihak-pihak terkait yang terlibat dalam penataan Dapil tersebut,” jelasnya.(yis)

0 Komentar