Kemegahan Masjid Raya Al-Jabbar, Ini Filosofinya

Kemegahan Masjid Raya Al-Jabbar, Ini Filosofinya
Kemegahan Masjid Al-Jabbar, Ini Filosofinya
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Masjid Raya Al Jabbar yang baru diresmikan oleh Ridwan Kamil, atau masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Terapung Gedebage adalah sebuah masjid yang berada di kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2017 di atas danau buatan dan baru selesai proyek pembangunannya pada tahun 2020.

Masjid Raya Al Jabbar diharapkan bisa menjadi lokasi wisata. Nantinya, akan disediakan perahu bagi pengunjung yang ingin melihat Masjid Al Jabbar dari sudut berbeda.

BACA JUGA : Ramalan Zodiak Leo Besok, 3 Januari 2023 : Jangan Terprovokasi!
Filosofi Nama Al-Jabbar Hadir
Nama Al- jabar berasal dari rumus matematika yaitu rumus Aljabar. Terlihat dari ornamen yang rumit, namun indah. Ilmuan matematika dunia juga bernama Aljabar.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Leo Besok, 3 Januari 2023 : Jangan Terprovokasi!Kelezatan Oliebollen Kue Viral Khas Belanda, Bisa Bikin di Rumah Ini Resepnya

Al Jabbar merupakan salah satu nama dari Asmaul Husna yang artinya Agunh yang dituliskan di bagian mihrab masjid.

Selain itu, kebetulan juga Al Jabbar bisa jadi singkatan Jawa Barat, jadi sudah takdirnya namanya berjodoh ucap Ridwan Kamil.

Nilai filosofis juga terkandung pada bagian atap atau kubah yang mana dibangun tanpa tiang penyangga. Hal ini untuk menonjolkan kesan megah sekaligus membuat jemaah tampak kecil saat beribadah kepada Allah.

Area masjid seluas 25,997 hektar dan memiliki jumlah 27 pintu ini ternyata juga memiliki makna khusus, yakni menyimbolkan jumlah kabupaten dan kota di Jabar.

 

0 Komentar