2 Langkah Mudah Bersihkan Cache di Laptop Agar Tidak Lemot

Cara menghapus cache di laptop (Pixabay)
Cara menghapus cache di laptop
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES– Membersihkan cache di laptop ternyata memiliki beberapa manfaat, salahsatunya untuk menjaga kesehatan laptop.

Adanya cache di laptop dapat menjadi kendala bagi penggunaan laptop atau komputer.

Cache sendiri merupakan sebuah memori singgahan yang berada di komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang menyimpan data sehingga permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat dilayani lebih cepat; data yang disimpan mungkin merupakan hasil dari penghitungan sebelumnya atau salinan data yang disimpan di tempat lain.
Meski dapat menghambat, cache juga memiliki beberapa kelebihan seperti tidak perlunya mengunduh data-data bawaan dari sebuah aplikasi.

Lantas bagaimana cara menghapus cache di laptop?

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat dua cata untuk menghapus cache.

1. Menghapus Cache di Laptop Windows OS

Baca Juga:Link Nonton Kupu-kupu Malam di Telegram, Klik Disini!3 Langkah Mudah Menghubungkan Laptop ke TV

Pertama, dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
Selanjutnya kamu akan diarahkan pada jendela Run. Masukkan “temp” pada comment box lalu tekan “Enter”. Selanjutnya, kamu akan melihat banyak folder dan juga file yang merupakan cache. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh file dan folder cache kemudian hapus atau delete untuk membersihkan cache laptop.

Kedua, mencari folder “Recycle Bin” pada laptop kamu, kemudian klik kanan dan kosongkan recycle bin untuk melakukan disk cleanup.

2. Menghapus Cache di Laptop dengan Perangkat Mac OS

Caranya ialah dengan Mac Finder dengan langkah sebagai berikut:

Masuk ke dalam Mac Finder, pilih menu “Go” pada bagian menu bar. Selanjutnya, kamu akan melihat menu “drop down” dan cari pilihan “Go to Folder”.

Pada comment box, masukkan “~/Library” kemudian tekan “Go”. Kamu akan melihat beberapa folder dan carilah folder cache. Pilih seluruh folder dan file yang ada di dalam folder tersebut kemudian pindahkan ke “Trash” setelah itu kosongkan atau pilih “Empty Trash”.

Demikian informasi mengenai cara menghapus cache di laptop, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar