Stand Up Comedy, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Menjadi Komika dan Menulis Materi

Stand Up Comedy, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Menjadi Komika dan Menulis Materi
Ilustrasi stand up comedy.(pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Stand up comedy akhir-akhir ini sedang ramai digemari anak muda dikalangan penikmat komedi dan bisa menjadi alternatif dari jenis lawakan-lawakan lain yang sudah populer.

Stand up comedy lahir pada awal 2012-an oleh 5 orang Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, Earnest Prakasa, Sammy Notaslimboy dan Isman HS.

Berikut yang harus diperhatikan bila kita ingin menjadi seorang komika atau pelaku stand up comedy?

Kegemaran Berkomedi

Baca Juga:Gempa Susulan, Tim SAR Hentikan Pencarian Korban di Cijedil CianjurPemerintah Siapkan Relokasi di Sirnagalih Cianjur, Korban Gempa: Jauh Pisan

Pertama yang harus dimiliki oleh seorang stand up komedian yaitu kegemaran berkomedi, karena bila kita sudah memiki yang disebut sense of humor maka itu akan awal dari sebuah proses menjadi komedian.

Bila tahap sense of humor ini sudah terbuka, maka nanti dalam penulisan sebuah materi stand up comedy tidak akan sulit mencari kelucuan dalam sebuah tragedi karena sudah memiliki sense of humor. Cara melatihnya saat bersama teman berbincang atau dengan memperbanyak referensi humor.

Senang dengan Stand Up Comedy

Karena bila kita sudah sedang dengan suatu hobi, pasti memiliki idola dalam hobi itu, maka akan ada referensi yang muncul setelah itu.

Bila sudah memiliki referensi maka penulisan dalam materi stand up comedy pun akan mempunyai arah bagaimana untuk mendapatkan kelucuan dalam keresahan.

Keresahan atau kegalauan dari komika juga penting diperhatikan untuk jadi komika, karena kita akan menjadikan keresahan yang kita temui itu sebagai bahan bakar dalam menulis materi nanti.

Jangan takut karena tidak menguasai public speaking karena pada dasarnya akan ada kepercayaan dalam diri bila kita memiliki hal ingin disampaikan.

Langkah-langkah Menulis Materi Stand Up Comedy

Adapun langkah-langkah dalam menulis materi stand up comedy yaitu set up, premis dan punchline. Ketiga aspek inilah yang akan menjadi acuan dalam setiap penulisan materi.

Premis

Baca Juga:Potong Jalur Birokrasi Penyaluran Bantuan, Bupati Cianjur Ingin Logistik Sampai ke PengungsianNGUNGSI JAMAN KIWARI

Premis yaitu sebuah hal besar yang akan dibahas, ditahap ini hal yang harus dipikirkan mengenai hal yang luas seperti contoh nya, mengenai politik, rasisme atau cinta ataupun jatuh cinta.

Hal-hal tersebut adalah hal besar yang memilik beberapa masalah yang menjadi keresahan kita. Seperti contoh, mengenai cinta memiliki permasalahan mengenai selingkuh saat pacaran itu adalah akar dari masalah besar yang kita miliki.

0 Komentar