Rp14,8 Miliar Bantuan Kemensos untuk Gempa Cianjur 

Rp14,8 Miliar Bantuan Kemensos untuk Gempa Cianjur 
0 Komentar

  1. Cianjurekspres.net – Sejak gempa mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang, Kemensos telah menggelontorkan bantuan senilai Rp14,8 miliar.

Laju mobil yang membawa rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini berhenti di depan kompleks niaga di Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

Mensos mendadak menghentikan mobilnya ketika melihat pengungsi korban gempa yang berteduh di tenda seadanya di samping kompleks tersebut.

Dilihatnya banyak perempuan lansia dan anak-anak yang tidur di tenda beralaskan terpal.

Baca Juga:Cianjur Darurat Bencana, Fokus Mencari Korban TertimbunGubernur Ridwan Kamil Iringi Pemakaman Anak Korban Gempa Cianjur

“Ibu butuh apa? Nanti saya kirimkan tenda ke sini ya,” katanya kepada warga korban gempa.

Risma langsung memerintahkan jajarannya untuk mengirim tenda dan logistik ke lokasi tersebut.

Sejak tiba di lokasi bencana Selasa (22/11/2022) dini hari, Mensos sudah berkeliling ke beberapa titik, salah satunya di RSUD Sayang yang menampung ratusan korban luka-luka.

Di rumah sakit ini, Risma bahu membahu bersama Tim Kemensos, Sentra Phalamarta, tenaga medis, dan relawan lainnya untuk mendirikan tenda dan menyediakan velbed untuk korban mengingat masih banyak yang tidur tanpa alas karena fasilitas yang overload akibat lonjakan korban.

Pada Selasa pagi, Mensos mengecek penyaluran bantuan di lapangan Warungkondang. Di sini ia menemukan para pengungsi yang kekurangan air bersih.

Mengatasi hal ini, Mensos mengatakan akan langsung mengirim bantuan berupa toilet dan air bersih. Di lokasi tersebut, Mensos sudah menempatkan Sentra Handayani untuk mengakomodasi kebutuhan para penyintas.

Sejauh ini, Sentra Handayani sudah menempatkan tenaga medis yang diturunkan door to door untuk mengobati masyarakat yang terluka dan masih bertahan di rumah.

Baca Juga:Sudah 89 Persen Listrik Pelanggan Terdampak Gempa Cianjur Sudah MenyalaMensos Risma Kerahkan Bantuan dari Sentra dan Mobilisasi Tagana

Beberapa bantuan seperti makanan siap saji, kasur, makanan anak, dan alat kebersihan diri juga sudah disalurkan. Layanan dukungan psikososial juga sudah menjangkau anak-anak.

Di titik lainnya, yaitu di Masjid Jami Alhikmah Desa Sukamanah Kecamatan Karang Tengah, Mensos menugaskan Sentra Abiyoso. Di lokasi ini, mantan Wali Kota Surabaya itu sempat berbincang dengan ibu-ibu yang sedang memasak di dapur umum yang didirikan secara swadaya.

0 Komentar