Serap Aspirasi dan Pastikan Program Pemerintah Dirasakan Masyarakat

Serap Aspirasi dan Pastikan Program Pemerintah Dirasakan Masyarakat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadiri acara Carboloading Pocari Sweat Run di Gedung pakuan, Kota Bandung, Sabtu (23/7/2022) (Rizal FS/Biro Adpim Jabar)
0 Komentar

Ingin Kepala Desa Manfaatkan Potensi Wisata
Titik akhir dari rangkaian Touring Baksos Forkompinda Jabar yaitu di Danau Lemona Salopa, Kabupaten Tasikmalaya.

Saat rombongan tiba, rupanya para kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) se-Kabupaten Tasikmalaya sudah menanti kehadiran orang nomor satu di Jawa Barat itu untuk beraudiensi.

Ridwan Kamil kemudian menampung semua aspirasi dari para kades. Kebanyakan mereka ingin perekonomian di desanya meningkat.

Baca Juga:6 Tips Merawat Sepeda Motor Setelah Kena Banjir, Mesin Bakal Awet!Viral TikTok! Arti Kata Gercep dan Contoh Kalimatnya

Gubernur lalu menyarankan agar setiap desa memaksimalkan potensi ekonomi pada sektor pariwisata. Untuk itu diperlukan kejelian dan inovasi dari para kades dalam pemanfaatan potensi tersebut.

“Kades harus ada kemauan dan jeli melihat potensi,” ucapnya.

Saat ini, kata Ridwan Kamil, sektor pariwisata desa yang sedang menggeliat adalah wisata swafoto ekonomi. Desa yang memiliki keindahan alam menjadi tujuan wisatawan kota asalkan ada spot berfoto.

“Selfie ekonomi. Desa yang ada sungainya, sawah, gunung atau kearifan lokal ini menjadi potensi besar tinggal dikemas secara menarik dengan membuat spot foto tanpa merusak alamnya,” tutur Kang Emil.

Ia mencontohkan, desa wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan setiap tahunnya mampu meraup pendapatan Rp4 miliar dari selfie ekonomi. Padahal hanya bermodalkan keindahan alam dan kreativitas dari Kades dan warganya.

“Maka saya dorong desa-desa lain melakukan hal serupa agar tercipta kemandirian ekonomi,” ujar Kang Emil.

Selama perjalanan Touring Baksos Forkopimda Jabar di Kabupaten Tasikmalaya Ridwan Kamil memastikan semua aspirasi warga diserap dan akan ditindaklanjuti.

“Semua curhatan warga di semua titik yang dilalui kita tampung,” katanya.

Baca Juga:Spoiler dan Link Baca Manga One Piece 1062Daftar 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB HIngga Polisi

Sambil perjalanan pulang ke Kota Bandung, Ridwan Kamil sempat menjajal pedestrian baru di Jalan KH Zaenal Mustofa Kota Tasikmalaya sekaligus menyapa pedagang dan warga yang sedang berakhir pekan. (*/nik)

0 Komentar