Dinas Kesehatan Cianjur Luncurkan Cekas Manjur

Dinas Kesehatan Cianjur Luncurkan Cekas Manjur
Pencanangan dan Peresmian program Cekas Manjur di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Kamis (6/10/2022).
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur meluncurkan Program Cek Kesehatan Masyarakat Cianjur (Cekas Manjur), Kamis (6/10/2022).

Launching program tersebut dihadiri Bupati Cianjur, Herman Suherman, Kadinkes Cianjur dr Irvan Nur Fauzy, Direktur RSUD dan Kepala Puskesmas se Cianjur.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan, program Cekas Manjur ini sangat luar biasa manfaatnya. Pasalnya masyarakat yang melakukan cek kesehatan akan mengetahui penyakit apa yang dideritanya.

Baca Juga:Musim Hujan Tiba! Ini 4 Obat Alami untuk Atasi Sakit FluMasih Ada 1.400 Balita di Cianjur Alami Stunting

“Contoh tadi seperti saya, saya cek kesehatan misalkan ternyata tekanan darah tinggi sehingga kita bisa mengubah pola hidup kita. Artinya makan sehari-hari jangan makan asin. Gila darah misalkan 200, berarti sudah tinggi hari-hati, pola makan harus dirubah,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, aplikasi program Cekas Manjur ini sudah bisa didownload menggunkan handphone android. “Saya beritahukan kepada Dinas Kesehatan, utamakan warga miskin dulu” katanya.

Sementara itu Kadinkes Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy, menjelaskan, program Cekas Manjur diluncurkan untuk mendukung dan mewujudkan visi masyarakat Cianjur lebih meningkat kesehatannya, produktivitasnya dan kecerdasannya. Dimaan salah satu modal yang penting adalah kesehatan.

“Bagaimana kita instansi pemerintahan memberikan pelayanan prima, efektif dan efisien. Selian memberikan pelayanan juga membuka ruang untuk melibatkan kolaborasi antara seluruh stakeholder yang ada,” tuturnya.

Disisi lain, pemerintah daerah dalam hal ini isntitusi atau instansi mengelurkan inoveasi pelayanan yang lebih baik lagi salah satunya transformasi digital di bidang kesehatan.

“Atas dasar pertimbangan itu semua dna atas dukungan kepala puskesmas, direktur rumah sakit dan organisasi profesi, (kami, red) memberanikan meluncurkan program Cekas Manjur. Manfaatnya akan sangat banyak bagi masyarakat,” tegas Irvan.

Irvan mengatakan, program Cekas Manjur ini juga di respon dengan baik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). “Mudah-mudahan bisa membuat nanti Cekas IDI atau Cekas Dokter,” katanya.

Baca Juga:Jembatan Penyeberangan di Cianjur Selatan Rusak BeratPDIP Cianjur Rangkul Milenial Jadi Kader Hadapi Pemilu 2024

Sebagai informasi, CEKAS Masyarakat Cianjur hadir pada platform Android dengan layanan berupa Pemeriksaan Mandiri Covid-19, Pemeriksaan Produktif, Pelaporan Mandiri, hingga media dan informasi terkait kesehatan.(hyt)

0 Komentar