5 Keutamaan Sedekah Hari Jumat, Diberi Pahala Berlipat Ganda

5 Keutmaan Sedekah Hari Jumat, Diberi Pahala Berlipat Ganda
Sedekah merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. (Pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES.NET- Sedekah merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Sedekah merupakan satu di antara amalan ibadah yang sangat dicintai dan disenangi oleh Allah Swt. serta besar ganjaran pahalanya.

Sedekah telah diperintahkan oleh Allah SWT, karena dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain. Oleh sebab itu sesama umat muslim diwajibkan untuk saling tolong menolong melalui sedekah.

Salah satu waktu terbaik untuk bersedekah ialah pada hsari Jumat. Ada beberapa keutamaan bersedekah di hari Jumat dibandingkan hari lainnya.

Baca Juga:Model BTPPrakiraan Cuaca Cianjur Hari Ini, Jumat 26 Agustus 2022. Siang Higga Sore Diguyur Hujan

Dalam sebuah hadist riwayat, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar. Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.”

Berikut 4 keutamaan sedekah di hari Jumat.

1. Seperti Sedekah Bulan Ramadhan

Keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah karena bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan Ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

2. Hari yang dianjurkan untuk beramal soleh

Dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal soleh di hari jumat atau malam jumat. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam atau siang hari jumat. Berdasarkan hadis: “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

3. Sunnah Rasul

Dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at disebutkan jika, “Disunnahkan memperbanyak sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.”

4. Pahala Berlipat Ganda

Hari Jumat juga menjadi hari terbaik dimana nilai dan juga segala macam pahala akan dilipat gandakan, sehingga melakukan sedekah di hari Jumat akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

0 Komentar