Mantap! Ada Jembatan Apung di Waduk Cirata Cianjur, Ini Panjangnya

Mantap! Ada Jembatan Apung di Waduk Cirata Cianjur, Ini Panjangnya
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Jembatan apung penghubung Kecamatan Mande dan Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur saat ini sedang dibangun di genangan Waduk Cirata. Jembatan apung tersebut terbuat dari kayu dan drum plastik sepanjang 1,2 kilometer.

Jembatan apung tersebut nantinya hanya bisa digunakan oleh kendaraan roda dua dan penyebrangan orang. Pembangunan jembatan yang terbilang terpanjang di wilayah Cianjur ini juga menjadi viral di media sosial.

Kepala Desa Sindangjaya, Kecamatan Mande Juandi, berharap pembangunan jembatan bisa mendongkrak sektor pariwisata di desanya.

Baca Juga:Virus TakiTermasuk Cianjur, 5 Kabupaten di Jabar Ini Masih Rendah Imunisasi Anak

“Kami berharap pembangunan jembatan bisa mendongkrak ekonomi dan sektor pariwisata di desa kami,” kata dia kepada wartawan, saat ditemui di lokasi pembangunan jembatan apung, Selasa (2/8).

Juandi mengatakan, jembatan tersebut dibangun oleh dua pengembang dari luar Cianjur dengan target selesai diperkirakan bulan September mendatang.

“Jembatan ini akan dibangun sekitar 1,2 kilometer dengan lebar 2,5 meter, diperkirakan selesai antara Agustus-September,” ungkapnya.

Jembatan Apung yang tengah viral di Kabupaten Cianjur menghubungkan antara Dermaga Calincing, Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang dan Dermaga Coklat Desa Cikidangbangbayang, Kecamatan Mande.

Jembatan yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan sekitar 40 persen ini terbilang unik karena menggunakan bahan ramah lingkungan yakni drum plastik yang disusun bersama kayu di atasnya.

Wakil Ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Kabupaten Cianjur Heri Setiadi mengatakan, selain menjadi tempat perlintasan masyarakat dari kedua desa dan dua kecamatan nantinya jembatan itu berkonsep pengembangan ekonomi desa.

“Sehingga akan dijadikan desa wisata bahari, akan dibangun juga wisata air seperti flying fox, banana boots,” katanya.

Baca Juga:Satgas: Begini 8 Langkah Pencegahan Infeksi Cacar MonyetJadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Cianjur Hari Ini, Rabu 3 Agustus 2022

Selain itu, dia mengungkapkan, untuk menarik minat wisatawan lebih banyak lagi di seputaran jembatan apung atau waduk calincing akan dibangun juga restoran dan penginapan. “Jadi untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung ke sini,” katanya.

Pihaknya pun menargetkan jembatan itu akan selesai 100 persen dalam satu bulan ke depan. “Mudah-mudahan selesai dalam waktu satu bulan,” ujarnya.

0 Komentar