Yuk Baca! Doa dan Amalan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H

Yuk Baca! Doa dan Amalan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H
Sebentar lagi umat muslim akan menyambut pergantian tahun berdasarkan penghitungan kalender Islam yaitu 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada 30 Juli 2022. (Pixabay)
0 Komentar

Cianjurekspres.net- Sebentar lagi umat muslim akan menyambut pergantian tahun berdasarkan penghitungan kalender Islam yaitu 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada 30 Juli 2022.

Pergantian tahun Hijriah terjadi saat petang hari atau menjelang magrib. Dalam waktu-waktu tersebut umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan doa akhir tahun dan doa awal tahun dari mulai ashar hingga setelah magrib.

Keutamaan doa tersebut ialah untuk mengharapkan kemurahan dan augerah dari Allah SWT untuk tahun yang akan datang dan pengampunan segala dosa di tahun yang telah lalu.

Baca Juga:Juara KoleksiJadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Cianjur Hari Ini, Jumat, 29 Juli 2022

Berikut bacaan doa awal tahun dan akhir tahun baru Islam 1444 Hijriah.

Doa Akhir Tahun

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa saat akhir tahun ini dibaca seabanyak tiga kali sesaat sebelum magrib pada hari terkahir bulan Dzulhijjah.

Doa Awal Tahun

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

0 Komentar