YPBB Gelar Pelatihan Online RTPS

YPBB Gelar Pelatihan Online RTPS
Foto bersama fasilitator dan peserta Pelatihan RTPS.(istimewa)
0 Komentar

Desa Jatisari Kabupaten Bandung pun setelah pelatihan ini akan segera memulai proses pembuatan RTPS-nya. “Ini sangat penting. Sebelumnya saya tidak terlalu melihat bagaimana pengelolaan sampah, setelah adanya pelatihan ini saya jadi tertarik bagaimana cara pengelolaan sampah. Pelatihan ini sangat penting bagaimana cara mengelola sampah dengan baik yang terpilah. Masalah sampah plastik sangat luar biasa. Di Desa Jatisari sudah ada pengelolaan sampah, harapannya ada pembuatan RTPS bisa lebih baik dalam hal pengelolaan sampah, terutama tentang pentingnya pemilahan sampah dari sumber, atau dari rumah, serta peran aktif dari berbagai pihak,” kata Kepala Urusan Umum Desa Jatisari, Kabupaten Bandung, Ari Ramdani.

Dari pelatihan RTPS ini YPBB berharap, wilayah yang sudah memiliki dokumen RTPS mengetahui manfaat dan fungsi dokumen tersebut sehingga dapat diterapkan dengan baik. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat membangun ketertarikan wilayah yang belum memiliki dokumen RTPS untuk membuat hal yang serupa.

Yang paling utama, dokumen ini diharapkan dapat membantu para stakeholder di tingkat daerah menerapkan pengelolaan sampah yang Zero Waste, yaitu pengelolaan sampah terpilah dan terdesentralisasi.

Baca Juga:Energize Jaringan Transmisi Berhasil, Sistem Elektrifikasi Jawa Barat Semakin AndalKembali Telan Korban, Sungai Aare Swiss Seret Pengunjung Wanita Asal Afganistan

YPBB adalah organisasi non-profit yang dirintis sejak tahun 1993, mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat mencapai kualitas hidup yang tinggi dan berkelanjutan melalui gaya hidup selaras alam. Sejak 2005 YPBB fokus dalam isu zero waste. Tahun 2017 menjalankan Program Zero Waste Cities bekerjasama dengan GAIA, Mother Earth Foundation, didanai oleh Plastic Solutions Fund.

Zero Waste Cities merupakan program penguatan pengelolaan sampah Kabupaten/Kota berdasarkan prinsip desentralisasi dengan mendorong gaya hidup Zero Waste untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang lebih efisien dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Program ini membangun model di kabupaten/kota untuk menjadi pijakan dalam penguatan kebijakan pengelolaan sampah nasional.(rls/hyt)

0 Komentar