Job Fair 2022 Dipadati Ribuan Pencari Kerja

Job Fair 2022 Dipadati Ribuan Pencari Kerja
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Ribuan pencari kerja memadati Lapang Prawatasari, Cianjur untuk melamar kerja ke puluhan perusahaan dalam Job Fair 2022 yang digelar Disnakertrans Cianjur, Rabu (6/7/2022).

Kadisnakertrans Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani mengatakan, Job Fair 2022 diikuti 41 perusahaan. Dimana, 35 perusahaan diantaranya khusus penempatan pekerja di Cianjur maupun Jawa Barat. kurang lebih sekitar 41 perusahaan. Sementara 35
“Yang enam perusahaan khusus penempatan yang ke luar negeri. Jadi loker yang dibuka hari ini dan besok itu kurang lebih sekitar 3.000 orang. Sementara yang datang juga sekitar 3.000 lebih,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Teknisnya, lanjut Endan, para pelamar kerja nanti masuk ke antrean yang telah disediakan oleh Dinsnakertrans. Di bagi dua antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga:Kemenkum HAM Canangkan Pariwisata Berbasis HAM di Jawa BaratHJC ke-345, Perumdam Tirta Mukti Cianjur Gratiskan Biaya Balik Nama Pelanggan

“Nah dia membawa lamaran, dan lamarannya itu di data oleh kami di meja pendaftaran panitia dikasi stempel, baru mereka bisa berkeliling ke perusahaan perusahaan yang membuka loker yang sudah kami fasilitasi tenda-tendanya,” ungkap Endan.

Endan melanjutkan, setelah masuk di stand stand perusahaan mereka mendaftarkan secara pribadi, dan perusahaan juga akan melihat apakah ada stempel dari panitia atau belum.

“Nanti setelah mereka daftar di perusahaan nanti oleh perusahaannya akan diseleksi pasca dari kegiatan job fair ini. Itu kewenangannya sesuai Permenker 2016 ada di perusahaan untuk merekrut sesuai dengan kebutuhan dan kopetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan,” kata Enda.

Endan menyebut, tingkat pengangguran di Kabupaten Cianjur di tahun 2020 asalnya 11,05 persen, di tahun 2021 angkanya menurun menjadi 9,23 persen.

“Mudah-mudahan di tahun 2022 dengan kegiatan seperti ini bisa juga lebih menurunkan angka pengangguran,” katanya.

“Ke depan kita berharap kegiatan job fair seperti ini bisa dilaksanakan setahun dua kali, mengingat hasrat dan minat warga Cianjur yang membludak, dan bisa menyerap tenaga kerja baik di dalam negeri maupun yang mau kerja di luar negeri,” tambahnya.(dik/hyt*)

0 Komentar