Begini Keistimewaan Puasa Arafah dan Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Begini Keistimewaan Puasa Arafah dan Berkurban di Hari Raya Idul Adha
Umat muslim telah memasuki bulan Dzulhijjah, tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah dirayakan sebagai Idul Adha atau Hari Raya Kurban. (Pixabay)
0 Komentar

Cianjurekspres.net- Umat muslim telah memasuki bulan Dzulhijjah, tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah dirayakan sebagai Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Banyak keistimewaan yang bisa diraih di bulan Dzulhijjah ini, diantaranya puasa arafah dan menyembelih hewan kurban.

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari menjelang Hari Raya Idul Adha. Sementara penyembelihan hewan kurban dilakukan tepat pada 10 Dzulhijjah.

Baca Juga:Museum Sri Baduga Akan Dibuka Lagi, Ini Pesan Kadisparbud JabarPenyaluran BPNT Terhambat Perbaikan Data KPM

Dalam sebuah hadits disebutkan, puasa arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun,

“Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,”

Puasa Arafah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam 10 hari pada awal bulan Dzulhijjah.

Sedangkan 10 awal Dzulhijjah ini yaitu hari-hari yang paling disenangi Allah SWT dalam melaksanakan amalan kebaikan dibanding dengan waktu lainnya.

“Nabi pernah menyebutkan tidak ada hari-hari untuk berbuat kebaikan yang Allah senangi melebihi dari 10 awal Zulhijah,” kata Buya Yahya, seperti tayang di Youtube melalui kanal Al-Bahjah TV.

Saking luar biasa dahsyatnya, lanjut Buya Yahya, bahkan jihad tidak bisa mengalahkan amalan di 10 awal bulan Dzulhijah, kecuali orang yang punya kekayaan dicurahkan untuk jihad dan dia juga ikut berperang habis hartanya, kemudian meninggal di medan laga baru bisa menyamai kebaikan-kebaikan di 10 awal bulan Zulhijah.

“Sedangkan di 10 awal Dzulhijah, ada haji dan kurban, lalu ada puasa, shalat juga ada, itulah kelebihan 10 awal bulan DZulhijah, ibadah yang bertebaran sepanjang tahun disimpulkan atau terkumpul di bulan Dzulhijah,” ungkap Buya Yahya.

Baca Juga:Antusiasme Tinggi, Pendaftar BBM Subsidi Tembus 50 Ribu Kendaraan dalam Empat HariBolehkah Berkurban Tanpa Menyaksikan Penyembelihan? Begini Penjelasan Ustad Abdul Somad

“Ada sejumlah amalan yang hanya ada di 10 Zulhijah, yakni ibadah haji dan menyembelih kurban bagi yang mampu,” kata pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon ini.

0 Komentar