Pengembangan Desa Wisata Balegede Didukung Kemendes PDTT

Pengembangan Desa Wisata Balegede Didukung Kemendes PDTT
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Beragam potensi wisata yang berada di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, ke depan akan semakin berkembang seiring mendapat dukungan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dukungan tersebut dibuktikan dengan penandatanganan perjanjian kontrak kerja pengembangan objek wisata Desa Balegede, Naringgul yang terpilih sebagai kategori pengembangan objek wisata oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Cianjur, Yanto Hartono didampingi Sekretaris Desa Balegede, Rudi Hermawan di Bogor, Kamis (30/6).

Pengembangan objek wisata tersebut dalam rangka pembangunan sarana dan prasarana pengembangan desa wisata dan pasar desa tahun anggaran 2022 untuk meningkatkan perekonomian lokal tingkat desa. Selain Desa Balegede, ada 60 desa lainnya dari berbagai daerah di Indonesia yang hadir dalam penandatanganan serupa.

Baca Juga:Diikuti OPD, Pemkab Gelar Fashion Show Batik Khas CianjurImam Besar Masjid Istiqlal Sebut Narasi Kebencian Tumbuh di Mimbar Keagamaan, Perlu Kewaspadaan Dini!

Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda pada Bidang Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Cianjur, Irwan Irwansyah, menjelaskan, penandatangan kerja bersama tersebut bagian sarana prasarana dari Kemendes PDTT.

“DPMD sebatas mendampingi dari awal sampai proses penandatanganan hingga monitoring,” katanya kepada Cianjur Ekspres di ruang kerjanya, Senin (4/7).

Menurutnya, DPMD Cianjur mendukung sepenuhnya kaitan dengan desa wisata untuk mendongkrak perekonomian Desa Balegede di sektor pariwisata.

“Pengelolaan spot wisata nanti dikelola oleh BUMDes, karena disamping meningkatkan pendapatan asli desa juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Irwan.

Sementara itu, Sekretaris Desa Balegede, Rudi Hermawan, mengungkapkan, latar belakang terpilihnya Desa Balegede karena memiliki potensi sangat memadai. Seperti curug atau air terjun, tubing dan rafting serta banyak potensi wisata lainnya.

Salah satunya Curug Cisabuk, jelas Rudi, yang saat ini secara perlahan mulai berkembang meski masih rintisan. Sedangkan untuk tubing rafting sudah berjalan sekitar dua tahun. Menurutnya, salah satu yang perlu dibangun untuk pengembangan Curug Cisabuk yang berlokasi di Kampung Babakan dan berbatasan dengan Desa Sukabakti terkait dengan infrastruktur serta sarana prasarana pendukung seperti gazebo.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, pengembangan objek wisata di Desa Balegede merupakan kolaborasi antara pemerintah desa bersama dengan BUMDes, karang taruna dan masyarakat.

0 Komentar