Gelombang Pertama Calhaj Cianjur Diberangkatkan Hari Ini

Gelombang Pertama Calhaj Cianjur Diberangkatkan Hari Ini
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Ratusan calon jemaah haji (Calhaj) asal Cianjur akan diberangkatkan ke Asrama Haji Bekasi, Senin (13/6) hari ini.

Informasi yang dihimpun, calon jemaah haji yang berangkat siang ini merupakan gelombang pertama sebanyak 404 orang yang masuk dalam kloter 16.

Berdasarkan pantauan Cianjur Ekspres, ratusan calhaj yang akan diberangkatkan hari ini sudah berdatangan sejak Minggu (12/6) diantar oleh para keluarganya di Asrama Haji Cianjur.

Baca Juga:Diskoperdagin Sebut Harga Sayuran Mahal karena Petani Memilih Menjual Keluar CianjurBedah Rumah Prajurit TNI KODIM 1603 Sikka

Seperti yang diutarakan Jaenal (36) warga Cidaun, dia bersama rombongan sengaja berangkat ke Asrama Haji Komplek Kantor Kemenag Cianjur untuk mengantarkan kakaknya.
“Kami rombongan banyakan dari selatan, karena Alhamdulillah kakak saya bisa di tahun ini bisa pergi haji. Saya harap mudah-mudahan nanti diberikan kelancaran dan keselamatan hingga tanah suci,” katanya, Minggu (12/6).

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur, Usep Muhamad Tammam, mengatakan, para calon jemaah haji yang akan diberangkatkan sudah mulai berdatangan sejak kemarin (12/6).

“Ini yang datang awal kebanyakan dari jauh, seperti dari Cianjur selatan. Mereka datang diantar sama keluarga dan juga kerabatnya,” kata Usep kepada Cianjur Ekspres.

“Pemberangkatan mulainya besok (hari ini, red). Jadi sekarang (kemarin, red) calon jemaah haji yang akan berangkat besok (hari ini, red) akan menginap di asrama yang sudah kami siapkan,” ungkap Usep.

Diberitakan sebelumnya, Kemenag Cianjur mengungkapkan banyak jamaah haji yang tertunda akibat pembatasan umur dan kuota.

Namun, Kemenag Cianjur akan upayakan para calon jemaah haji yang tertunda, bisa diberangkatkan pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Kemenag Cianjur Asep Hidayat menyebutkan, diketahui dari 1.361 jemaah haji tahun 2020 hanya dapat diberangkatkan sebanyak 66 persen. Kemudian kembali dipangkas akibat aturan pembatasan usia keberangkatan haji sehingga total hanya 629 jemaah.

Baca Juga:BPBD Cianjur Minta Warga Waspada Cuaca EkstremJenazah Eril Tiba di Gedung Pakuan

“Sehingga menyisakan 732 jemaah yang tengah menunggu kepastian keberangkatan,” kata dia kepada wartawan.

Selain itu, Asep mengungkapkan, pihaknya akan berusaha untuk memberangkatkan calon jemaah haji yang tertunda akibat pembatasan usia dan persentase kouta yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Sisanya setengah kita berangkatkan di tahun 2023. Kemudian ada juga penambahan kouta, mudah-mudahan diberangkatkan 4 kloter,” katanya.

0 Komentar