926 Bibit Pohon untuk Wujudkan Lingkungan Hijau

926 Bibit Pohon untuk Wujudkan Lingkungan Hijau
0 Komentar

 Cianjurekspres.net – Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 yang jatuh 5 Juni, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) memberikan 926 bibit pohon senilai Rp90 juta kepada warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS, mengatakan program bantuan penanaman bibit pohon ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan yang selaras dengan pencapaian SDGs 15, yaitu Ekosistem Daratan.

Ia menambahkan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya yang berada di sekitar proyek agar bersama-sama turut menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau yang lestari.

Baca Juga:BRI Setor Rp27,09 Triliun ke Negara Sepanjang Tahun 2021Lakukan Kurasi Produk Unggulan, BRI Hadirkan Kembali UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

“Melalui program ini, kami ingin mengajak masyarakat, khususnya saat ini yang berada di sekitar proyek PLTA Cisokan, untuk turut menjaga dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dengan melakukan kegiatan penanaman pohon.” ungkap Djarot.

Bibit pohon yang diberikan untuk ditanam di kawasan rumah warga sekitar pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Upper Cisokan Pumped Storage berkapasitas 1.040 Mega Watt (MW) tersebut merupakan jenis pohon produktif yang terdiri dari 115 bibit mangga, 75 bibit rambutan, 113 bibit belimbing, 89 bibit jeruk, 82 bibit jambu, 97 bibit kedongdong, 95 bibit durian, 115 bibit pete, 85 bibit sawo, dan 60 bibit kelengkeng.

Selain itu, PLN juga memberikan bantuan 270 kilogram pupuk.

Djarot berharap bibit pohon produktif yang ditanam tersebut tidak hanya untuk penghijauan namun juga dapat memberikan manfaat lainnya dari hasil panen yang didapat.

“Menanam pohon produktif tidak hanya menghijaukan lingkungan, namun ke depannya hasil panen pohon juga dapat dikonsumsi, diolah, maupun dijual oleh masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan dampak perekonomian juga bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Ajat Sudarajat, salah satu warga penerima bantuan yang bertempat tinggal di dusun Cimarel, Desa Sukaresmi menyampaikan apresiasinya atas aksi peduli lingkungan dari program TJSL PLN UIP JBT. (*/nik)

0 Komentar