oleh

PMI Bersama Indomaret Laksanakan Program SAHABAT WASH di MTs Nurul Bayan Cianjur

Cianjurekspres.net – Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Indomaret, melaksanakan program SAHABAT WASH (Sekolah Aman Sehat dan Hebat,Water and Sanitation Hygent) di MTs Nurul Bayan, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Rabu (25/5/2022).

Program Sekolah Sehat PMI ini menitikberatkan pada upaya penyediaan infrastruktur air bersih, sarana sanitasi dan kesehatan serta penguatan edukasi kebersihan diri dan lingkungan yang sehat, aman dan hebat bagi guru dan siswa sekolah.

Peresmian Program SAHABAT WASH dilakukan langsung oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Cianjur, Arief Purnawan bersama Branch Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Bogor, Kristanto Indra Setyawan dan Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial (Kesos) PMI, Eka Wulan Cahyasari.

Hadir pula perwakilan dari  Kemenag, Disdikpora, Dinkes, Muspika Kecamatan Cikalongkulon serta pengurus PMI Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Bacaleg NasDem Cianjur Siap Tempur di Pemilu 2024

Branch Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Bogor, Kristanto Indra Setyawan, mengucapkan terima kasih kepada pelanggan Indomaret.

“Pelanggan Indomaret dengan suka rela menyisihkan kembalian, bahkan ada
yang menyumbang tanpa belanja,” kata Indra disaksikan pelanggan Indomaret wilayah
Cianjur.

Menurutnya, penyaluran bantuan fasilitas kebersihan ini dibarengi dengan sosialisasi kesehatan ke sekolah-sekolah.

Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial PMI, Eka Wulan Cahyasari, menjelaskan, pihaknya turut membina siswa dengan mendirikan Ruang Unit Kesehatan Siswa yang dikelola Palang Merah Remaja (PMR) serta melengkapi sarana
dan prasarana UKS.

Baca Juga: P2TP2A Cianjur: Larangan Kawin Kontrak Harus Ada Sanksi Hukumnya

“Cakupan program ini cukup banyak, meliputi pendidikan, penyediaan air sanitasi dan
kesehatan. Tujuannya, kami ingin mewujudkan sekolah yang aman, sehat dan hebat atau
disingkat Sahabat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PMI Cianjur, Rudi Syachdiar, mengatakan, fokus Program SAHABAT WASH merupakan Program Sekolah
Sehat PMI yang menitikberatkan pada upaya penyediaan infrastruktur air bersih, sarana
sanitasi dan kesehatan serta penguatan edukasi kebersihan diri dan lingkungan yang
sehat, aman dan hebat bagi guru dan siswa sekolah.

Program Pendidikan dan Air Bersih donasi pelanggan Indomaret meliputi 5 unit truk
tangki air, yakni 2 unit di Jawa Timur, 2 unit di DI Yogyakarta, dan 1 unit di Kabupaten Magetan. Lalu 2 unit ambulans transportasi, diantaranta 1 unit di Kabupaten Tuban dan 1 unit di Kabupaten Situbondo, serta  kegiatan Sahabat WASH (Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat, Water Sanitation and Hygeine) di 10 sekolah pada 6 provinsi yakni Lampung, Jawa Barat,
Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sulawesi Barat, dan Maluku.

Sedangkan pembangunan fasilitas kebersihan dan kesehatan di MTs Nurul Bayan Cikalongkulon, meliputi penambahan 2 penampung air (toren), perbaikan 15 unit dan 2 unit tempat cuci tangan siswa, renovasi ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan menambah sarana UKS, pemasangan petunjuk jalur aman sekolah, menyediakan tempat sampah organik-non organik, dan memperbaiki 2 unit sarana MCK.(rls/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.