Empat Curug di Jabar Jadi Destinasi Wisata Unggulan, Salah Satunya di Cianjur

Empat Curug di Jabar Jadi Destinasi Wisata Unggulan, Salah Satunya di Cianjur
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar), memperkenalkan empat air terjun atau curug unggulan yang dapat menjadi daya pikat atau magnet bagi wisatawan untuk berwisata di Jawa Barat.

“Keindahan alam di Jawa Barat memancarkan sejuta pesona yang memikat. Di antara kekayaan geografis di Jabar, air terjun atau curug menjadi salah satu magnet wisata unggulan di Jabar,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar di Bandung, Minggu (15/5).

Benny menuturkan alasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat merekomendasikan empat curug tersebut agar bisa dijadikan acuan tujuan bagi para wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan saat ini.

Baca Juga:Shin Tae-yong Ramu Taktik Berbeda Hadapi MyanmarVolume Transaksi Tumbuh 175,2 Persen, BRImo Terus Perkaya Fitur dan Inovasi Digital

Keempat curug unggulan tersebut, kata Benny, ialah pertama Curug Malela yang berada di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Curug ini memiliki lebar 55 meter dengan tinggi 60 meter, karena kemegahannya tak jarang Malela kerap disebut kembaran air terjun Niagara dari Bandung.

Benny mengatakan Geolog Titi Bachtiar menulis dalam bukunya, Bandung Purba, bahwa kata ‘malela’ merupakan ungkapan rasa kagum masyarakat di Tatar Sunda untuk sesuatu yang lebih dari biasanya.

Curug ini berundak-undak, tentunya akan memikat mata ketika debit airnya tinggi di musim penghujan. Guyuran air yang jatuh, seperti tirai putih yang menutupi bebatuan lempung yang usianya jutaan tahun.

Sebenarnya, Curug Malela merupakan satu dari tujuh curug yang berada di Desa Cicadas, Rongga, Bandung Barat. Di sana ada Curug Katumbiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk.

Curug unggulan yang kedua ialah Curug Cimahi atau yang populer disebut Curug Pelangi memiliki tinggi 80 meter.

Air yang terjun dari curug ini, berasal dari Situ Lembang, yang mengairi wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya.

Baca Juga:Liverpool Juara Piala FA Usai Menang Adu Penalti Kontra ChelseaRidwan Kamil Dorong Pelaku UMKM di Jabar Hemat Karbon

Nama Curug Cimahi sendiri berasal dari kata ‘ci’ atau air dan ‘mahi’ yang berarti cukup dalam bahasa Sunda.

Menurut Benny secara administratif Curug Cimahi berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

0 Komentar