oleh

Ketua DPRD Cianjur Minta DPR dan Pemerintah Pusat Segera Cabut Moratorium Pemekaran Daerah

Cianjurekspres.net – Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, meminta DPRD Provinsi Jawa Barat mendorong DPR RI bersama Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo untuk segera mencabut moratorium pemekaran daerah.

Khususnya di Jawa Barat, dimana salah satunya Kabupaten Cianjur yang mengusulkan pemekaran Cianjur Selatan.

Ganjar mengatakan, ingin adanya kejelasan usulan CDPOB (Calon Daerah Persiapan Otonom Baru) yang memang sudah bergulir sangat lama. Namun hingga saat ini dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD selama kurang lebih dua setengah tahun masih bergulir.

Baca Juga: Inmendagri Terbaru, Cianjur Kembali ke PPKM Level 1

“Saya atas nama DPRD Kabupaten Cianjur, tentunya sangat mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan oleh tim Pansus I DPRD Jabar ke Cianjur dalam rangka pembahasan usulan CDPOB Kabupaten Cianjur selatan,” kata Ganjar, saat dihubungi melalui pesan whatsapp, Rabu (6/4/2022).

Dikatakan Ganjar, dirinya juga mengacungi jempol atas keseriusan dari tim Pansus I DPRD Jabar yang memang serius untuk menangani usulan dari Pemkab Cianjur.

“Sebenarnya selama kurang lebih dua setengah tahun saya menjabat di DPRD kabupaten Cianjur, saya juga ingin adanya dorongan dan dukungan penuh dari DPRD Provinsi, bersama Gubernur Jabar membawanya ke arah yang lebih serius lagi,” katanya.

Baca Juga: Terseret Banjir Bandang, Seorang Warga di Pagelaran Cianjur Meninggal Dunia

Politisi Partai Gerindra itu tidak menampik, jika Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden punya alasan tertentu belum mencabut moratorium.

“Paling tidak ada jawaban pasti, kenapa moratorium ini belum dicabut, sehingga menjadi pertanyaan besar bagi kalangan masyarakat dibawah khususnya yang memang ingin adanya pemekaran,” ungkap Ganjar.

Menurutnya, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kabupaten Cianjur tidak bisa sepenuhnya memutuskan keinginan pemerintah di daerah untuk dilakukan pemekaran di wilayahnya.

“Perlu diketahui, bahwa yang bisa memutuskan itu adalah Pemerintah Pusat. Yang pasti kami dari pemerintah Kabupaten hanya bisa berharap bahwa keinginan atau usulan CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan ini bisa segera terwujud,” jelasnya.

Ganjar mengatakan, bukti keseriusan Pemkab Cianjur yakni bupati sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 177 miliar yang nantinya pada saat terwujud maka kabupaten induk akan mensupport suntikan dana untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Cianjur selatan secara berkala selama tiga tahun.

“Hal ini sudah dibuktikan keseriusan dari Pemkab Cianjur selain sudah menganggarkan di angka yang begitu fantastis juga komunikasi bersama Pemprov terus dilakukan,” tandasnya.(yis/hyt*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.