Fraksi PKS Apresiasi Disdukcapil Cianjur Peringkat Ketiga Terbaik Pelayanan Adminduk se-Jabar

Disdukcapil Cianjur Peringkat Ketiga se-Jabar Pelayanan Adminduk
PELAYANAN: Petugas Disdukcapil Cianjur melayani pembuatan dokumen administrasi kependudukan melalui program Dawala di Kampung Nagrog RT 03/RW 05 Desa Cipetir, Kecamatan Cibeber atas nama Ibu Oom (69).(istimewa)
4 Komentar

Cianjurekspres.net – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Cianjur, mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur yang berhasil meraih peringkat ketiga terbaik pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) se-Jawa Barat.

Hal tersebut berdasarkan penilaian kepatuhan 2021 pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.

“Alhamdulillah, ini patut diapresiasi oleh kita semua di sela-sela keterbatasan saat ini. Dengan Pandemi Covid-19 saat ini, banyak anggaran-anggaran yang dikurangi, refocusing, rasionalisasi dan sebagainya yang tentu saja juga berdampak,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Cianjur, Asep Riyatman, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga:Atalia Harap Jabar Bangkit Bersama Melalui FesyenPerda Desa Wisata Disahkan, Ridwan Kamil Optimistis Masyarakat Sejahtera

Asep berharap, sesuai dengan aturan yang baru bahwa Pemerintah Pusat menyerahkan sepenuhnya pembiayaan dan penganggaran Disdukcapil di kabupaten bisa mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur agar terlaksananya pelayanan yang maksimal.

“Paling tidak kebutuhan hari ini yang utama dan dibutuhkan adalah seperti blangko KTP anak sangat dibutuhkan, dan biayanya ternyata juga tidak besar. Ketika kita konfirmasi, biayanya masih di bawah Rp200 juta kebutuhannya dan tentu saja juga bisa di cicil,” katanya.

Menurutnya, Disdukcapil seperti pelayanan umum di Puskesmas dan sebagainya yang seharusnya mendapatkan perhatian khusus.

“Tidak terlalu mahal saya kira dengan dana mungkin Rp100 atau Rp200 juta, rasa-rasanya akan membuat tampilan Kantor Disdukcapil lebih menarik, lebih ramah terhadap siapapun dan tentu saja juga prokes akan tetap terjaga,” papar Asep.

“Mudah-mudahan harapan kami, Pemerintah Kabupaten Cianjur memberikan perhatian penuh kepada Disdukcapil dengan keterbatasannya bisa membuktikan, bahwa mereka bisa mendapatkan peringkat tiga se-Jawa Barat,” imbuh Anggota Komisi A DPRD Cianjur tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, berhasil meraih peringkat ketiga terbaik pelayanan dari 27 Disdukcapil yang ada di Jawa Barat.

Hal tersebut berdasarkan penilaian kepatuhan 2021 pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat. Ombudsman memberikan penilaian tinggi atau hijau kepada Disdukcapil Kabupaten Cianjur atas pelayanan publiknya sepanjang tahun 2021.

4 Komentar